' Dewan 'Warning' DBMP Subang Tuntaskan Proyek Perbaikan Jalan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Dewan 'Warning' DBMP Subang Tuntaskan Proyek Perbaikan Jalan

Dewan 'Warning' DBMP Subang Tuntaskan Proyek Perbaikan Jalan

Written By dodi on Wednesday, July 11, 2012 | 8:00 AM

SUBANG - Dinas Binamarga dan Perairan (DBMP) Kabupaten Subang mendapatkan warning (peringatan) dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat terkait pelaksanaan proyek perbaikan jalan di wilayah Kabupaten Subang. Hal itu disampaikan mengingat pada pelaksanaan proyek perbaikan jalan pada pada tahun lalu tidak tuntas alias banyak proyek yang tak dikerjakan, sehingga tahun ini jangan sampai terjadi lagi.

Kepada wartawan usai rapat dengar pendapat dengan jajaran DBMP, kemarin, Sekretaris Komisi C DPRD Subang Chaerul Anwar meminta kepada Dinas Binamarga untuk tidak melakukan kesalahan serupa di tahun sebelumnya. "Kita menanyakan terkait proses pelelangan. Kalau memang sudah siap ya secepatnya dilakukan, jangan sampai seperti tahun lalu yang dikerjakan pada akhir tahun sehingga proyek tidak tuntas," kata Anwar.

Data Komisi C menunjukkan, dari total panjang jalan 1.045 km, sekitar 50% mengalami kerusakan kriteria rusak berat, dan sekitar 26% rusak dengan kriteria sedang. Artinya hanya 24% saja ruas jalan Kabupaten Subang yang dianggap baik. "Dominasi kerusakan terjadi di Pantura, katanya Agustus ini sebagian sudah bisa dilaksanakan. Sementara jalanan yang biasa digunakan untuk jalur alternatif mudik, baru dikerjakan setelah Lebaran," ujarnya.

Soal infrastruktur jalan, menjadi aspirasi paling banyak dikeluhkan warga yang disampaikan saat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Warga mengeluh tidak saja karena mengakibatkan kecelakaan tunggal, juga berdampak pada ekonomi warga.

Ruas jalan dari Pagaden ke arah Compreng misalnya, kondisi sudah sangat mengkawatirkan. Kerusakan jalan berlubang dengan diameter cukup besar. Kerusakan di jalur sepanjang 10 km yang menghubungkan Subang ke Pusakanagara itu terjadi sejak beberapa bulan lalu. "Sudah banyak pengendara yang mengalami kecelakaan. Karena jalannya rusak dan sudah lama tidak dibenahi," ujar warga Compreng, Jaka Arizona.

Usai rapat dengar pendapat, Sekretaris DBMP Sumarna enggan berkomentar banyak. Dia bersama empat rekannya langsung masuk kendaraan dinas. Kepada sejumlah awak media, Sumarna mengaku pihaknya hadir di Komisi C DPRD guna evaluasi. Sayangnya, dia sering menjawab tidak hapal data kerusakan jalan dan target yang akan dilakukan perbaikan. "Evaluasi saja. Termasuk proyek pengerjaan perbaikan. Bulan depan baru akan dikerjakan. Tapi ada yang sudah berjalan," ucapnya singkat. ADE
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger