' Dedi Serahkan DP4 Ke KPUD Purwakarta - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Dedi Serahkan DP4 Ke KPUD Purwakarta

Dedi Serahkan DP4 Ke KPUD Purwakarta

Written By dodi on Thursday, July 19, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Bupati Purwakarta, H Dedi Mulyadi SH, secara resmi menyerahkan berkas Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Purwakarta, yang diterima langsung oleh Ketua KPUD, Deni Ahmad Chaidar, yang disaksikan oleh Panwaslu, Muspida dan para pimpinan parpol.

“Sistem SIAK yang digunakan Pemkab Purwakarta dalam pengelolaan data penduduk, diyakini bisa meminimalisir kesalahan pendataan. Selain sistemnya yang sudah online sejak 2010 lalu, juga pendataannya dapat dilakukan hingga ke tingkat desa dan kelurahan,” kata, Dedi kepada LINGKAR JABAR, Rabu (18/7), usai menyerahkan DP4, di aula Janaka Setda Purwakarta.

Dikatakan, kekhawatiran ada penduduk yang tidak terdata sangat kecil. Karena Pemkab Purwakarta sudah sangat mempermudah penduduk untuk didata hingga ke kantor Desa terjauh sekalipun. "Tidak mungkin, ada penduduk yang terdaftar ganda, karena sistemnya sudah online antara desa satu dengan desa lainnya," ujarnya.

Namun demikian, lanjut dia, tidak menampik jika ada kekurangan data dalam hal pencatatan perubahan status penduduk. "Misalkan jika ada warga yang meninggal dunia, dan perubahan status pekerjaan dari TNI-POLRI aktif menjadi pensiunan. Dua hal ini, yang biasanya membutuhkan perhatian khusus dalam DP4," tuturnya.

Kata Dedi, bagi yang meninggal, biasanya warga atau pihak keluarga tidak melaporkan langsung ke aparat desa setempat. Sehingga, data penduduknya masih ada dan masih memiliki hak pilih. "Sementara bagi pensiunan baru TNI-POLRI, yang dianggap masih aktif, tentunya masih tidak memiliki hak pilih, padahal harusnya dapat memilih karena sudah pensiun," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Purwakarta, Deni Ahmad Haidar, sangat memaklumi kemungkinan kekurangan data pada dua hal tadi, Karena dua hal tersebut, sering terjadi dalam data pemilih. "Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan pasukan mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa," ucap dia.

Dengan demikian, kata Deni, para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di tingkat TPS bisa melakukan pemutakhiran dan validasi data yang bersumber dari DP4. “Pada prinsipnya kami menerima DP4 ini dengan penuh tanggungjawab untuk kami lakukan verifikasi dan validasi data oleh tim kami hingga PPDP,” pungkasnya.

Keterangan foto :
SERAHKAN DP4 : Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH (kiri) nampak tengah menyerahkan DP4 kepada Ketua KPUD Dani Ahmad Haidar bertempat di aula Janaka Setda Purwakarta,Rabu (18/7). YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger