' Bupati Terkejut Bantuan Hibah RT Hanya Diterima Rp 2 juta - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Bupati Terkejut Bantuan Hibah RT Hanya Diterima Rp 2 juta

Bupati Terkejut Bantuan Hibah RT Hanya Diterima Rp 2 juta

Written By dodi on Friday, July 6, 2012 | 3:40 PM

CIANJUR (LJ) Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh terkejut mendengar informasi ketua rukun tetangga (RT) di wilayah Kecamatan Pacet hanya menerima bantuan dana hibah sebesar Rp2juta dari pencairan tahap pertama sebesar Rp5juta.
    Sebelumnya, Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh sudah memerintahkan agar dana tersebut diterima utuh setiap ketua RT untuk kepentingan pembangunan masyarakat meliputi kesehatan, pendidikan, maupun infrastruktur.
    "Bantuan hibah Rp10juta per RT ini memang dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama sebesar Rp5juta dan nanti tahap kedua sebesar Rp5juta. Pada tahap pertama Rp5juta sudah dicairkan. Saya sudah imbau agar dana itu diterima utuh. Saya belum mendengar informasi itu. Yang lebih tahu mungkin ARWT (asosiasi rukun warga/tetangga)," kata Tjetjep di Gedung DPRD seusai menghadiri Rapat Paripurna Laporan Pertanggungjawaban (Lpj), Kamis (5/7).
    Namun demikian, Tjetjep memperkirakan, kondisi tersebut kemungkinan karena pertimbangan dari PAC ARWT Kecamatan Pacet. Artinya, dana tersebut harus dipertanggungjawabkan. “Mungkin itu atas inisiatif supaya SPJ-nya tertib dan tidak rumit," ungkapnya.
    Sebelumnya, berdasarkan informasi yang dihimpun, ketua RT di wilayah Kecamatan Pacet hanya bisa mencairkan dana bantuan hibah program Rp10juta per RT sebesar Rp2juta dari total alokasi tahap pertama sebesar Rp5juta. Kondisi ini terjadi setelah ada instruksi dari PAC ARWT Kecamatan Pacet.
    Instruksi PAC ARWT Pacet tersebut terbilang kontroversial mengingat di wilayah lainnya seperti di Kecamatan Ciranjang, setiap ketua RT menerima full bantuan tahap pertama sebesar Rp5juta yang sudah ada di rekening.
    "Kami mengeluarkan instruksi ini untuk optimalisasi program, sehingga kami bisa memonitor lebih mudah penggunaan dana hibahnya, lantaran setiap penggunaannya harus terkendali,” kilah Deden Ikhwanudin, Ketua PAC ARWT Kecamatan Pacet kepada wartawan saat dikonfirmasi mengenai intervensi kepada setiap ketua RT.
    Deden membantah membangkang imbauan Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh yang menginginkan agar dana bisa diterima penuh setiap ketua RT. Deden berkilah, instruksi itu sudah berdasarkan kesepakatan seluruh ketua RT. "Proses ini hanya merupakan pemagaran atau pengawalan saja. Itupun sudah disepakati semua ketua RT. Apalagi mereka (ketua RT), baru kali ini menerima bantuan. Kita khawatir penggunaannya tidak diperuntukan sebagaimana mestinya akibat ketidaktahuan mereka," kata Deden.
    Dia juga membantah, dirinya tak berkoordinasi dengan ARWT Kabupaten Cianjur. Dia mengaku sudah melaporkan terlebih dahulu ke Sekretaris Umum ARWT Kabupaten Cianjur.
    "Jawabannya ngambang. Tidak melarang atau memperbolehkan. Yang saya tangkap, mereka (ARWT kabupaten), cenderung mengembalikan kebijakannya kepada kami karena yang melakukan pertanggungjawaban nantinya adalah PAC," tegas Deden. (rus)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger