' Bupati Bogor Terima Lagi Penghargaan dari Presiden RI - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Bupati Bogor Terima Lagi Penghargaan dari Presiden RI

Bupati Bogor Terima Lagi Penghargaan dari Presiden RI

Written By dodi on Wednesday, July 18, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR - Bupati Bogor H.Rachmat Yasin bisa jadi merupakan salah satu Kepala Daerah di tanah air yang paling sering mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat atas jasa dan dedikasinya sebagai penyelenggara daerah. Setelah Kamis (12/7) lalu memperoleh Satyalencana pembangunan bidang perkoperasian di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Bogor itu kembali meraih penghargaan di bidang pertanian dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Penghargaan ini pun menjadi yang kesebelas kalinya diterima oleh Ketua DPW PPP Jabar ini.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden SBY di Hotel Grand Indonesia Jakarta, hari ini  (Rabu, 18/7). “Penghargaan diberikan kepada Bapak Bupati Bogor karena berhasil dalam program P2BN (Peningkatan Produksi Beras Nasional, red). Pada tahun 2010 kita (Kabupaten Bogor, red) berhasil meningkatkan produksi padi sebesar 7,3 persen,” jelas M. Zairin, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor, kepada sejumlah wartawan, kemarin.

Zairin menjelaskan, pada tahun 2006 Presiden SBY mencanangkan program  Revitalisasi Pertanian, Perikanan dan Peternakan (RP 3) untuk Kementrian Pertanian. Sebagai tindaklanjut program tersebut, Kementrian Pertanian meluncurkan program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN). Untuk menyukseskan program tersebut, Kementrian Pertanian mewajibkan Kabupaten/Kota se Indonesia menaikkan produksi sebanyak 5 persen dibandingkan produksi tahun sebelumnya.

“Karena kita berhasil melampaui target dari Kementrian yakni 5 persen sementara kita berhasil sampai angka 7, 3 persen maka pemerintah memberikan penghargaan kepada Bapak Bupati. Penghargaan ini juga sebagai pengakuan dari pemerintah pusat bahwa program revitalisasi pertanian dan pembangunan yang berbasis perdesaan yang dicanangkan bapak Bupati Bogor berjalan dengan baik ,”  kata pemegang gelar Magister Profesional Institut Pertanian Bogor ini.

Mantan Kepala Badan Perencanan dan Pembangunan Kab.Bogor ini menjelaskan, program RP-3 selaras dengan  misi Bupati Bogor yakni meningkatkan perekonomian daerah yang berdaya saing dengan titik berat pada  revitalisasi pertanian dan pembangunan yang berbasis perdesaan. Untuk itu, fokus program revitalasi pertanian di Kabupaten Bogor dititik beratkan pada penguatan sumber daya manusian, kegiatan budidaya (on farm) dan panen serta pasca panen (off farm). Untuk menyuksekan program revitalasi pertanian.

“Untuk menyukseskan program revitalisasi pertanian di Kabupaten Bogor pak bupati memberikan bantuan kepada masyarakat petani antara lain bantuan alat mesin on farm yaitu traktor, pompa air, hand sprayer, power weeder (alat pembersih gulma), caplak,  bantuan benih unggul dan pupuk, bantuan alat pengolah hasil, pembangunan lumbung masyarakat, perbaikan jaringan irigasi desa dan jaringan irigasi usahatani dan pembangunan jalan usahatani dan jalan produksi pertanian,” jelas pria yang menyelesaikan program Sarjana dan Magisternya di IPB ini.

Sebelum mendapat penghargaan dari Presiden terkait program P2BN, kata Zairin, pemerintah pusat melalui Kementrian Pertanian juga telah memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten  Bogor antara lain tahun 2007 penghargaan pengembangan pertanian organic, tahun 2008, penghargaan keberhasilannya dalam peningkatan produksi padi dan penghargaan keberhasilan dari pembinaan Bupati Bogor menghantarkan salah satu kelompok tani menjadi juara UPJA tingkat Nasional, tahun 2010 penghargaan karena keberhasilannya dalam meningkatkan produksi padi  di atas 5 persen dan tahun 2011 dalam pameran HKP (Hari Krida Pertanian) Kabupaten Bogor menjadi juara pertama se-Jawa Barat.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger