' BPS-AB Diharapkan Piawai Kelola Sarana Air Bersih - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » BPS-AB Diharapkan Piawai Kelola Sarana Air Bersih

BPS-AB Diharapkan Piawai Kelola Sarana Air Bersih

Written By dodi on Thursday, July 12, 2012 | 8:00 AM

KAB.BOGOR (LJ)-Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan Bidang Sanitasi Lingkungan, Seksi Sanitasi Air Bersih, telah membuat konsep-konsep untuk mensukseskan kegiatan Pembangunan Sarana Air Bersih secara merata dan adil bagi masyarakat Kabupaten Bogor.
    Hal ini diawali dengan adanya berbagai pelatihan yang telah diselenggarakan oleh  Dinas Kebersihan dan Pertamanan untuk mempersiapkan Badan Pengelola Sarana Air Bersih (BPS-AB), yang nantinya akan bertanggung jawab dalam pengelolaan Sarana Air Bersih yang dibangun tersebut. 
    Program pelatihan ini sangat diperlukan  bagi kelancaran Pengelolaan Sarana Air Bersih, seperti terkutip dalam keterangan peserta Pelatihan  Pembangunan Sarana Air Bersih yang berlangsung dari tanggal 16 – 19 April 2012 yang terbagi dalam 2 gelombang pelatihan.
     “ Kami sangatlah bersyukur dengan adanya program pelatihan ini, mengapa? Karena sebelum mendapat pelatihan ini kami belum begitu mengerti bagaimana cara mengelola air bersih yang baik, tetapi setelah diadakan Pelatihan BPS Air Bersih ini kami telah mengerti bagaimana cara mengelola Sarana Air bersih ini secara baik dan profesional," jelas Kepala Bidang Sanitasi Lingkungan Drs. Arya Bhakti, didampingi Kepala seksi Sanitasi Air Bersih Bambam Setia Aji, ST, MBA
    Dalam hal pembangunan Sarana Air Bersih ini,lanjut Arya Bhakti, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor menitikberatkan pada wilayah – wilayah yang cakupan air bersihnya masih rendah, dikarenakan  wilayah Kabupaten Bogor yang tergolong luas, maka Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bogor membentuk tim monitoring dalam berbagai wilayah kerja.     "Pembagian wilayah kerja ini diharapkan dapat mempercepat jangkauan pelayanan Air Bersih ke wilayah – wilayah yang minim air bersih di kabupaten Bogor,"ucapnya.
    Pelatihan BPS – AB ini menghadirkan Narasumber – narasumber yang professional  dan aplikatif dibidang air bersih. Dimana Narasumber – narasumber tersebut telah memberikan pengetahuannya kepada para peserta BPS – AB, sehinggga peserta dapat mengerti ilmu – ilmu yang amat sangat berguna ini.
    Disamping itu juga dalam pelatihan BPS-AB ini menghadirkan narasumber dari desa – desa yang telah berhasil dalam mengelola Sarana Air Bersih, seperti Desa Bojong Rangkas Kecamatan Ciampea dan Desa Tapos 2 Kecamatan Tenjolaya. kedua Desa ini sengaja dihadirkan guna memberikan pengalaman – pengalamannya yang bermanfaat kepada para peserta BPS-AB.
    Menurut Kasi Sanitasi Air Bersih, Bambam Setia AJi, tidak hanya teori saja dalam pelatihan BPS – AB ini, peserta pelatihan dilatih berbagai keterampilan penunjang Pengelolaan air bersih. "Dan yang tidak kalah pentingnya peserta pelatihan BPS - AB diajak meninjau langsung lapangan ke Desa percontohan seperti, Desa Bojong Rangkas Kecamatan Ciampea dan Desa Gunung Sari  Kecamatan Pamijahan, kedua desa ini merupakan salah satu contoh Desa – desa dari puluhan desa percontohan lainnya yang ada di Kabupaten Bogor yang telah berhasil mengelola air bersih secara professional," paparnya.
    Diharapkan setelah Pelatihan ini para Peserta BPS – AB dapat menjadi ujung tombak dalam mensukseskan program Sarana Air bersih ke Masyarakat.BSR
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger