' BPBD Kabupaten Bandung Antisipasi Bencana Sejak Dini - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » BPBD Kabupaten Bandung Antisipasi Bencana Sejak Dini

BPBD Kabupaten Bandung Antisipasi Bencana Sejak Dini

Written By dodi on Monday, July 9, 2012 | 8:00 AM

KAB BANDUNG,(LJ)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung melakukan siaga darurat kekeringan guna menghadapi musim kemarau 2012. Berkaca pengalaman sebelumnya,  BPBD diimbau siaga dengan melakukan koordinasi guna menyiapkan ketersediaan air bersih untuk masyarakat.
    "Sesuai dengan imbauan Gubernur Jawa Barat, agar setiap BPBD daerah melakukan siaga darurat kekeringan, siaga darurat kekeringan diterapkan pada 2012 menyusul kekeringan di sejumlah daerah pada 2011,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Cecep Hendrawan, kepada LINGKAR JABAR, di Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin
    Menurutnya, BPBD Kabupaten Bandung telah menjalin kerja sama dengan PDAM sebagai perusahaan penyedia jasa air bersih, untuk menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat saat musim kemarau. Kerja sama BPBD dengan PDAM itu, telah berlangsung sejak 2011.
    “Pihak PDAM telah menyediakan truk pengangkut air bersih untuk distribusi bantuan kepada daerah-daerah yang kekeringan. Tahun lalu PDAM telah menyalurkan ribuan liter air ke sejumlah daerah yang mengalami kekeringan," ungkapnya.
    Pada 2012 BPBD Kabupaten Bandung dengan PDAM, lanjut Cecep, menyiagakan air bersih dengan jumlah sesuai kebutuhan di lapangan. Kebutuhan air yang disediakan selain air bersih, juga untuk keperluan irigasi maupun lainnya.
    “Berbagai alternatif akan dilakukan saat musim kemarau datang seperti pembuatan sumur dan mencari mata air untuk menyalurkan air ke perkampungan yang mengalami krisis air bersih. Kita berharap kekeringan yang terjadi pada tahun lalu tidak terulang lagi, tapi jika itu terjadi BPBD siap siaga menyediakan air bersih, “ terangnya.
    Menurutnya, sesuai dengan Visi BPBD Kabupaten Bandung, "Terwujudnya Kabupaten Bandung Siaga dan Sabilulungan Dalam Menghadapi Bencana,  kami siap 24 jam untuk membantu warga masyarakat yang terkena bencana sesuai dengan peraturan yang berlaku,"tuturnya.
    Selain itu juga, kata Cecep, Misi BPBD Kabupaten Bandung, meningkatkan pengurangan resiko bencana dijadikan sebagai     Selain itu, BPBD Kabupaten Bandung menyediakan peta mitigasi bencana di setiap kecamatan dan desa untuk mengantisipasi bencana sejak dini.Karena peta mitigasi hal paling penting dalam penanganan bencana.
    “Dalam peta mitigasi akan diberi peringatan dini, studi potensi bencana, atau identifikasi bencana, langkah tersebut dilakukan sebagai perhatian serius pemerintah dalam mitigasi bencana yang  bisa bermanfaat untuk memperkirakan kapan terjadi bencana dan bertujuan mengantisipasi bencana sehingga sedapat mungkin tidak ada kerugian dan korban yang besar, “ tandasnya. (FEN)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger