' BKM Pondokpari Bangkit Santuni 108 Yatim-Piatu - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » BKM Pondokpari Bangkit Santuni 108 Yatim-Piatu

BKM Pondokpari Bangkit Santuni 108 Yatim-Piatu

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:42 AM

KAB.CIREBON (LJ) - Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pondokpari Bangkit Kelurahan Kenanga Kabupaten Cirebon menggelar santunan kepada 108 anak yatim-piatu, kemarin.
    "Santunan ini diberikan dari sebagian keuntungan yang diperoleh dari usaha yang dikelola salah satu kelompok swadaya masyarakat (KSM)," kata Koordinator BKM Pondokpari Bangkit, Dede Kurniawan usai pemberian santunan kepada ratusan anak yatim-piatu.
    Menurutnya kegiatan tersebut, dilaksanakan oleh unit kegiatan sosial BKM setempat . Salah satu usaha yang dilakukan unit tersebut, yakni melakukan kegiatan penyewaan alat hajat, dari peralatan prasmanan hingga tenda. "Hasil penyewaan tersebut kami gunakan untuk kegiatan sosial seperti untuk santunan kepada anak yatim hingga pembangunan rumah tidak layak huni," jelasnya.
    Kegiatan sosial santunan kepada anak yatim tersebut, lanjut dia merupakan agenda rutin BKM Pondokpari Bangkit yang baru berdiri dua tahun silam. "Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) mandiri di kelurahan kami," kata Didi.
    Pihaknya selain mengadakan kegiatan sosial, kata dia, BKM yang dikordinatorinya juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan lainnya seperti kegiatan pembangunan fisik dan simpan pinjam. "Kegiatan fisik yang sudah dilakukan antara lain pembangunan drainase, rabat beton dan rutilahu," kata dia.
    Sementara untuk kegiatan ekonomi, Unti Pengelola Keuangan (UPK) BKM setempat memiliki 35 kelompok penerima manfaat dengan jumlah total nasabah sekitar 300 orang. "Untuk pinjaman bergulir tersebut modal awal kami Rp 58,5 juta. Setelah berjalan dua tahun aset UPK sudah lebih dari 100 juta," terang dia. GYO/LIL (C.12)
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger