' BIMA ARYA Menjemput Prestasi Nasional - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » BIMA ARYA Menjemput Prestasi Nasional

BIMA ARYA Menjemput Prestasi Nasional

Written By dodi on Wednesday, July 11, 2012 | 4:12 PM

SETELAH menjuarai festival dalang cilik se Jawa Barat, Bima Arya Endang Jajat Saputra (9), meneruskan perjuangannya menjemput prestasi nasional, menjadi yang terbaik untuk Indonesia dan mengharumkan nama Bogor sebagai daerah asalnya.

Bahkan, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi mengharapkan dalang cilik asal kota itu dapat meraih prestasi nasional. "Dari empat dalang cilik yang mewakili Jabar, semoga Bima Arya bisa meraih yang terbaik di ajang Festival Dalang Bocah Nasional 2012," katanya di Bogor, belum lama ini.

Dikatakan, selain Bina ada Yudistira Manungggaling R Hurip asal Kabupaten Purwakarta, Yoga Nurdiansyah KS asal Kabupaten Garut, dan Rijal Ramajaya dari Kabupaten Bandung Barat.

Sebelumnya, Bima Arya tampil memukau pada hari kedua, beberapa hari lalu, dalam ajang festival dalang bocah tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta. Dari situ dirinya punya keyakinan anak asuhnya itu bisa meraih prestasi maksimal.

Meski baru pertama kali mengikuti kegiatan festival tingkat nasional dan tingkat Jawa Barat, kata dia, wakil Jabar diharapkan akan memotivasi bagi para dalang di Kota Bogor lainnya. "Saya melihat di Kota Bogor sendiri banyak anak-anak yang ingin belajar menjadi dalang atau belajar tentang pewayangan," katanya.

Bima Arya lahir di Bogor, 8 Mei 2003, adalah putra dari Endang Jajat Sudrajat yang bermukim di Bantarjati Lebak Kecamatan Kota Bogor Utara. Pelajar kelas 3 SDN Sempur Kaler Kota Bogor itu, belajar mendalang di sanggar Ajat Jati Kota Bogor.

Terkait bakar para dalang, Wakil Presiden Boediono minta agar semua pihak ikut melestarikan budaya wayang, demi menjaga kepunahan. Caranya pola berkala mengadakan Festival Dalang Bocah yang dilakukan oleh Persatuan Pedalangan Indonesia.

"Memang wayang perlu mendapat perhatian khusus yang salah satunya mengadakan festival. Ini suatu bentuk pelestarian yang baik dan saya dukung," kata Wapres Boediono di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan sambutan pada acara pergelaran wayang kulit dengan cerita Pandowo Boyong dengan dalang Ki Cahyo Kuntadi, yang juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto.

Pergelaran wayang yang diadakan di halaman Istana Wapres tersebut juga dihadiri oleh sekitar 1.000 tamu dari berbagai kalangan seperti tokoh dan masyarakat pecinta wayang.

Menurut Wapres, dirinya sangat mendukung upaya Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) dalam mengadakan festival dalang bocah sehingga diharapkan keberadaan wayang kulit bisa terus eksis di masa mendatang.

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger