' Berhentikan Dekan FK, Rektor UI Konlik Dengan Guru Besar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Berhentikan Dekan FK, Rektor UI Konlik Dengan Guru Besar

Berhentikan Dekan FK, Rektor UI Konlik Dengan Guru Besar

Written By dodi on Wednesday, July 11, 2012 | 3:46 PM

DEPOK - Pemberhentian sepihak yang diputuskan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri terhadap Pelaksana Harian Dekan Fakultas Kedokteran UI, dr Ratna Sitompul, membuat Dewan Guru Besar (DGB) UI meradang alias marah. DGB UI pun menilai keputusan Gumilar sebagai bentuk inkonsistensi dan diskriminasi serta  menyalahi aturan.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UI Prof Biran Affandi dalam keterangan persnya kepada wartawan, Selasa (10/7). Biran mengatakan, sebelumnya Rektor telah memperpanjang masa tugas semua dekan di lingkungan Universitas Indonesia yang telah habis masa jabatannya. Akan tetapi, khusus untuk Dekan Fakultas Ekonomi dan Kedokteran, diminta untuk melaksanakan pemilihan dan menyerahkan tiga nama calon dekan kepada Rektor sebelum tanggal 3 Agustus 2012. "Saya meilhat apa yang terjadi saat ini melanggar semua kesepakatan yang ada," kata Biran.

Berkaitan dengan tindakan ini, Tim Transisi telah mengirimkan surat teguran kepada Gumilar selaku Rektor UI dan meminta untuk menarik kembali perintah melakukan pemilihan dekan di dua fakultas tersebut. Akan tetapi, teguran ini, menurut Biran, tidak diindahkan. Langkah dan keputusan Gumilar juga dinilainya bertentangan dengan tujuan melakukan pembenahan dan penyelesaian konflik di UI.

"Rektor tidak boleh mengambil keputusan yang sifatnya strategik, termasuk mengganti dan mengangkat dekan. Kalau ini dilakukan, ini adalah sesuatu yang tidak betul karena melanggar konsensus," katanya. Lagi pula, lanjut Biran, Gumilar saat ini berstatus pelaksana harian rektor dan bukan rektor definitif hingga terpilihnya rektor baru. "Kami khawatir kondisi ini akan lebih memburuk karena para mahasiswa, dosen, dan guru besar fakultas-fakultas telah mulai menunjukkan reaksi keras atas sejumlah tindakan yang dilakukan Rektor," paparnya.

Sebelumnya, dalam keterangan pers yang diterima wartawan, kemarin, Rektor UI Gumilar R Somantri menyatakan bahwa pemberhentian Ratna sebagai Dekan FK UI terhitung mulai tanggal 6 Juli 2012. Dengan pemberhentian ini, maka Ratna dikembalikan statusnya kepada instansi induk, yakni Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selama ini, Ratna diperbantukan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai dosen luar biasa dan mendapat tambahan sebagai Dekan Fakultas Kedokteran periode 2008-2012 melalui Keputusan Rektor tanggal 22 April 2008.

Pada tanggal 22 April 2012 masa jabatannya telah habis, lalu diangkat menjadi Plh Dekan FKUI. "Pengembalian ini dimaksudkan agar masa kerja dan tugasnya di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tidak terhambat," kata Gumilar. Selanjutnya Rektor UI memberikan tugas kepada dr Priyo Sidipratomo, SpRad (K) untuk bertindak selaku Pejabat Sementara Dekan FKUI. HRS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger