' Bantuan Permodalan Koperasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Bantuan Permodalan Koperasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Bantuan Permodalan Koperasi Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Written By dodi on Tuesday, July 17, 2012 | 8:00 AM

KAB BANDUNG,(LJ)- Pemerintah Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, diminta mengoptimalkan pembinaan dan pendampingan terhadap sektor koperasi, sehingga setiap pengucuran bantuan dapat dimanfaatkan sesuai dengan asas kemakmuran.
    "Pemerintah daerah harus mengoptimalkan pembinaan dan pendampingan terhadap koperasi, serta pemerintah lebih selektif, sehingga penyaluran dana tepat sasaran atau diterima oleh koperasi yang memiliki anggota serta unit usaha,” kata   Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bandung, Atang Suharyana E Suharyat, kepada LINGKAR JABAR, di Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin.
    Menurutnya, di  Kabupaten Bandung ada sekitar 1.525 koperasi dengan beraggotakan 750.000 anggota, dan sekitar 750 koperasi dibina oleh Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bandung, dan yang belum dibina sekitar 400 koperasi.
    "Untuk itu Panitia Anggaran dan DPRD Kabupaten Bandung  dan Bupati Bandung, H. dadang Nasser, diharapkan agar lebih mengintensifkan pembinaan agar dana yang dikucurkan dikelola dengan baik, karena berdasarkan data yang kami peroleh sejumlah 350 koperasi yang dibina oleh Dekopinda Kabupaten Bandung  hanya mendapat kucuran dana sebesar Rp 35 juta, “ katanya.
     Dalam bantuan permodalan, lanjut Atang, pemerintah Kabupaten Bandung diharapkan lebih menekankan bantuan modal berupa sarana dan prasarana agar sektor ekonomi kerakyatan bangkit secara mandiri. Ibarat pemancing ikan yang berupaya keras mendapat ikan dengan cara memberi umpan. Begitu pula dengan pembinaan ekonomi kerakyatan, bantuan sarana dan prasarana lebih efektif.
    Atang yang juga menjabat sebagai ketua Yayasan Amanah, yang dewan pimpinannya H. Dadang M Nasser, mengatakan, peringatan Hari Jadi Koperasi ke 65 tingkat Kabupaten Bandung, diharapkan dapat memotivasi dan mengembangkan koperasi yang ada di wilayah Kabupaten Bandung dalam membantu tingkat kesejahteraan anggota koperasi. 
    “Koperasi bertujuan mendorong terciptanya rakyat kecil yang mandiri dan lahirnya masyarakat koperasi yang demokratis. Artinya dengan peran dan kerja yang cukup serius dari berbagai pihak diharapkan masyarakat mampu berdaya dalam bidang ekonomi dengan tidak terlepas peran kuat koperasi itu sendiri. Oleh karena itu, difokuskan untuk permodalan koperasi untuk memberdayakan anggota koperasi di pelosok daerah Kabupaten Bandung. (FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger