' Bakal Terima Penghargaan Dari BKKBN Pusat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Bakal Terima Penghargaan Dari BKKBN Pusat

Bakal Terima Penghargaan Dari BKKBN Pusat

Written By dodi on Friday, July 13, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - BKKBN Pusat, akan menganugrahkan penghargaan Manggala Karya Kencana kepada Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH satu-satunya kabupaten di Indonesia yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan program keluarga berencana khususnya peningkatan angka kepesertaan KB baru. 

“Purwakarta satu-satunya kabupaten di Indonesia yang akan menerima pengahrgaan karena telah mampu meningkatkan angka kepesertaan KB baru,” kata Asep N Kusmayadi Kepala Bidang (Kabid) KB Badan Keluarga Berencana Perlindungan Ibu dan Anak (BKBPIA) kepada LINGKAR JABAR di ruang kerjanya, Kamis (12/7).

Dikatakan Asep N Kusmayadi,  keberhasilan pencapaian angka kepesertaan KB baru tersebut, merupakan upaya bersama yang selama ini terjalin secara berkesinambungan antara jajaran BKBPIA dengan pihak Pemkab Purwakarta dan pihak lain dalam upaya meningkatkan program KB di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat (Jabar).

Sinergitas antara BKBPIA dengan pihak-pihak lain dalam memberikan pelayanan KB kepada masyarakat, sambung dia, baik pelayanan MO maupun pemberian pelayanan KB melalui kegiatan Gempungan Diburuan Urang Lembur sebagai program tetap Bupati Purwakarta yang dilaksanakan tiga kali dalam satu minggunya.

Penghargaan yang bakal diterima Bupati H Dedi Mulyadi SH ini, papar Asep Kusmayadi, sesuai surat dari Sekretaris Utama BKKBN Pusat No 1547/KT.103/G2/2012, maka Purwakarta merupakan satu-satunya kabupaten di Indoensia yang mendapat anugrah Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat.

Maka sangatlah wajar, jika Bupati Dedi Mulyadi mendapat penghargaan karena sangat konsen terhadap program KB di Purwakarta. Salah satunya, melalui keputusannya (Perbup-Red) telah mewajibkan warga masyarakat untuk mengikuti program KB. Salah satu upayanya, dalam memberikan berbagai pelayanan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat hingga ke peloksok-peloksok desa.

Dengan demikian, pelaksanaan program KB di Kabupaten Purwakarta tidak saja mendapat perhatian secara khusus dari Bupati Dedi Mulyadi, tapi juga perhatian dari pihak lain semisal Kodim 0619 Purwakarta maupun PKK dalam berbagai kesempatan seperti TNI Manunggal KB Kes atau Bakti Sosial TNI KB Kes maupun Kesatuan Gerak PKK KB Kes.

Tidak hanya itu, papar Asep Kusmayadi, dukungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta teraplikasikan dengan meningkatkan anggaran yang bersumber dari APBD, untuk pelaksanaan program KB di Kabupaten Purwakarta. Untuk tahun 2012  ini, BKBPIA mendapat anggaran sebesar Rp 1,2 miliar lebih.

Anggaran sebesar itu, jelasnya, dialokasikan untuk pelayanan KB keliling termasuk didalamnya apresiasi kepada para akseptor KB baru dengan memberikan sembako. Kegiatan sosialisasi kesehatan reproduksi remaja (KRR) dan pusat informasi kesehatan (PIK) remaja, penggarapan khusus IUD dan advokasi pelayanan KIE serta kegiatan lainnya.

Karenanya diharapkan, dengan adanya penganugrahan Manggala Karya Kencana dari BKKBN Pusat kepada Bupati Purwakarta, akan menjadi tolok ukur bagi para pelaku KB di Purwakarta untuk terus menggenjot angka peraihan kepesertaan KB baru sesuai dengan target yang telah di tetapkan, bahkan diupayakan bisa melebih target.YAS



keterangan foto : Asep N Kusmayadi
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger