' APTB Bekasi-Kampung Rambutan Akan Dioperasikan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » APTB Bekasi-Kampung Rambutan Akan Dioperasikan

APTB Bekasi-Kampung Rambutan Akan Dioperasikan

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 11:01 AM

KOTA BEKASI (LJ) – Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) kembali diluncurkan. Setelah trayek Bekasi – Terminal Pulogadung, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi kembali meluncurkan trayek jurusan Terminal Bekasi menuju Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Trayek yang memiliki ketersinggungan dengan hampir 100 persen dengan bus umum Mayasari Bhakti dengan jurusan sama itu, rencananya akan dioperasikan pada akhir Juli 2012.
     Agar tak terjadi demo yang dilakukan awak bus dan belajar dari permasalahan yang terjadi saat membuka APTB jurusan Terminal Pulogadung-Terminal Bekasi, kali ini Dinas Perhubungan Kota Bekasi mulai melakukan pendekatan dengan manajemen dan serikat pekerja Mayasari Bhakti.
    “Sosialisasi kita lakukan terus, untuk menghindari kemungkinan adanya gesekan saat trayek baru tersebut mulai dioperasikan dari Terminal Bekasi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Sopandi Budiman, Senin (9/7).
     Agar situasi tetap kondusif saat trayek baru APTB di operasikan, lanjutnya, Dinas Perhubungan Kota Bekasi juga telah merangkul Polresta Bekasi Kota untuk melakukan pengamanan. “Pak Kapolres sudah menyatakan siap untuk mendukung pengamanan, tapi tetap kita akan terus melakukan dialog dengan pihak Mayasari terutama serikat pekerja agar tidak terjadi kesalah-pahaman di kemudian hari,” katanya.
     Trayek baru APTB di Bekasi tersebut, lanjut Sopandi, rencananya akan dibuat terintegrasi dengan angkutan serupa yang trayeknya menuju ke Kota Depok. “Di Depok juga akan buat kendaraan sejenis APTB dengan jurusan ke Terminal Kampung Rambutan. Kita juga akan berkoordinasi agar, APTB dari Bekasi bisa menyambung hingga ke Depok,” katanya. APTB dari Bekasi dengan trayek tujuan Pulo Gadung dan Kampung Rambutan, merupakan cikal-bakal dari terwujudnya Transjabodetabek, yang sudah digagas Pemprop DKI melalui konsep Kota Megapolitan.
     Sebagai langkah awal untuk trayek baru, Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD) sebagai operator yang ditunjuk Kementrian Perhubungan, akan menyiapkan 5 armada APTB trayek Terminal Bekasi-Terminal Kampung Rambutan. “Akan disesuaikan kebutuhan, kalau animo masyarakat bagus maka jumlahnya akan terus ditambah,” katanya.
     APTB sendiri digagas oleh Pemprop DKI dengan maksud untuk mengurangi angka pengguna kendaraan pribadi, yang berpotensi menimbulkan kemacetan di Jakarta. Dalam satu hari warga Kota Bekasi yang beraktifitas ke Jakarta (komuter) angkanya mencapai 430 ribu. 54 persen dari mereka menggunakan kendaraan roda dua, 29 persen menggunakan kendaraan roda empat. 17 persen atau sisanya sudah menggunakan kendaraan umum.
     Beberapa waktu lalu, APTB trayek Terminal Bekasi-Terminal Pulogadung sudah diluncurkan. 15 armada untuk trayek tersebut sudah dioperasikan, namun sayangnya animo masyarakat cukup rendah. Hal ini terjadi karena APTB konsepnya mirip Transjakarta, dan hanya bisa berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di Terminal asal dan tujuan. "Sebagai solusi, kita juga berencana akan membuat shelter untuk naik dan turun penumpang, diantaranya di Pekayon, BSI dan Tol Barat," katanya.
     Saat peluncuran trayek APTB terdahulu, sempat diwarnai aksi penolakan dari para awak kendaraan umum dengan trayek yang sama. Mereka mengeluhkan minimnya sosialisasi, dan khawatir pendapatannya akan menurun. Namun setelah dilakukan dialog dan musyawarah, akhirnya masalah tersebut dapat diatasi. ARS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger