' Antisipasi Musim Kemarau Rawan Kebakaran - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Antisipasi Musim Kemarau Rawan Kebakaran

Antisipasi Musim Kemarau Rawan Kebakaran

Written By dodi on Friday, July 6, 2012 | 3:39 PM

KAB BANDUNG.(LJ)- Setiap musim pasti memiliki efek positif dan negative, termasuk musim panas bagi masyarakat pekebun yang ada disekitar hutan harus selalu waspada jika akan membuka lahan atau membersihkan lahan dengan cara dibakar. Meski hasilnya bisa maksimal, namun dampaknya sangat membahayakan baik hutan maupun kebun-kebun milik orang lain.

“Untuk menyikapi musim kemarau ini perlu antisipasi, dan mayarakat melakukan pembersihan lahan dengan cara dibakar dan juga jangan membuang puntung rokok sembarangan.Jadi masyarakat pekebun harus saling menjaga agar tidak ada yang dirugikan dalam hal ini,” kata  Kepala Dinas Permukiman Tata Ruang dan Kebersihan (Dispertasih) Kab. Bandung,  Slamet Mulyana, di Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin.  

Menurutnya, kebakaran di Kab. Bandung masih sering terjadi. Namun, berbagai upaya sudah dilakukan pihak Damkar Kab. Bandung untuk meminimalisasinya. Di antaranya memberikan penyuluhan atau pelatihan penaggulangan kebakaran di tingkat RW hingga desa.

Sementara itu, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Wilayah 1 Soreang, Hendi Kurniawan, mengatakan, pihaknya, akan melakukan penambahan pos damkar, mobil damkar, dan pemberian peralatan damkar di kecamatan dan desa untuk mendekatkan pelayanan dan upaya penaggulangan dini kebakaran.

"Kita juga melakukan perencanaan sumber air untuk media pemadaman pada titik-titik rawan kebakaran, misalnya dengan pembuatan hydrant, water tank, sumur artesis, dan sebagainya. Diharapkan kepada masyarakat untuk terus mewaspadai potensi kebakaran di lingkungan sekitar. Cuaca hujan dan panas, menurut Hendi, sama-sama memiliki pengaruh terhadap potensi kebakaran.

Khusus untuk cuaca panas, lanjut Hendi Kurniawan, masyarakat lebih memperhatikan perilaku yang bisa menimbulkan kebakaran. Seperti jangan buang puntung rokok sembarangan, jangan ada pembakaran sampah dan lahan yang tidak diawasi karena mudah perambatannya. (FEN)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger