' Antisipasi Kenaikan Harga Pokok - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Antisipasi Kenaikan Harga Pokok

Antisipasi Kenaikan Harga Pokok

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

MENGHADAPI bulan ramadhan di berbagai daerah, pemerintah diminta lebih aktif dalam mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok. "Pemerintah harus melakukan berbagai langkah terobosan dalam rantai distribusi dan tata niaga bahan pokok,” kata Anggota DPR RI Komisi IV Ma’mur Hasanuddiin dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu (4/7).

Ia mengatakan, kenaikan bahan pokok menjelang bulan Ramadhan memang senantiasa terjadi hampir setiap tahun. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan stabilisasi harga dalam rantai distribusi. "Kalau harga bahan pokok naik maka akan memicu inflasi dan membebani daya beli masyarakat,” kata Ma'mur.

Sebelumnya, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, bahwa inflasi Juni 2012 yang mencapai 0,62 persen, dipicu oleh karena kenaikan harga bahan pangan yang melonjak.

Beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga antara lain cabai merah, bawang putih, daging ayam, ikan segar, gula pasir, telur ayam, dan emas.

Komoditas gula misalnya, yang naik sejak dua pekan lalu, harga gula rata-rata nasional sejak pekan kedua Juni bergerak ke posisi Rp12.000 per kilogram, padahal pada awal bulan masih bertengger di kisaran Rp11.800 per kilogram.

“Kondisi kenaikan gula sangat memprihatinkan dan merugikan konsumen. Padahal menjelang bulan Ramadhan diperkirakan tingkat konsumsi gula cukup tinggi oleh masyarakat,” katanya.

Karenanya, pemerintah harus menindak tegas spekulan dan pedagang yang melakukan penimbunan barang serta mempermainkan harga. Soalnya, di sisi lain Pemerintah perlu melakukan perbaikan infrastruktur distribusi dan mendorong penerapan jalur logistik pangan yang efisien.REL
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger