' Along-Souza Masih Layak Jadi Tumpuan Persib - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Along-Souza Masih Layak Jadi Tumpuan Persib

Along-Souza Masih Layak Jadi Tumpuan Persib

Written By dodi on Thursday, July 19, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Penampilan duo striker asing, Mohd Noh Alam Shah dan Marcio Souza yang hinggap ke Persib Bandung pada jendela transfer kedua kompetisi Indonesian Super League musim 2011/2012 lalu, telah membius mayoritas bobotoh. Tampil memukau selama setengah musim, tak sedikit pemerhati dan tokoh bobotoh yang meyakini keduanya layak dipertahankan jajaran manajemen PT PBB untuk musim depan.

Khusus Souza, dibalik tindakan kontroversial yang kerap dilakukannya di setiap pertandingan Maung Bandung, nyatanya tidak menutup talenta cemerlang pemain asal Brazil tersebut. Sedangkan Along (sapaan Noh Alam Shah), dinilai memiliki jiwa kepemimpinan yang sanggup membangkitkan motivasi pemain di tengah kondisi tim yang sedang terpuruk. "Marcio dan Along layak dipertahankan musim depan. Mereka telah memberikan kontribusi bagus untuk Persib musim kemarin," ucap Dirigen Viking Yana Umar kepada wartawan, baru-baru ini.

Meski keduanya tidak mencetak gol terlalu banyak di paruh kedua musim lalu, Yana menyebut suplai bola dari lini tengah menjadi penyebabnya. Untuk itu, dia berharap manajemen Persib secepatnya mendatangkan playmaker berkualitas, untuk menyokong skill kedua pemain asing tersebut.

"Gol mereka nggak banyak, ya itu mungkin karena suplai bola yang kurang. Coba kalau ada pemain bertipe playmaker, mungkin gol mereka lebih banyak. Seperti Gustavo Lopez yang disuplai bola terus sama Mario Costas. Mudah-mudahan, kalau ada penyuplai bola yang bagus, kedua pemain ini bisa semakin bagus lagi," pungkasnya.

Lantas siapa playmaker yang wajib diikat oleh Persib? Yana menilai Suchao Nuchnum dapat memenuhi kebutuhan tim jika Maung Bandung gagal mendapatkan playmaker bagus di Indonesia. "Kalau playmaker di Indonesia susah dicari, ya kenapa nggak Suchao. Kalau benar kontraknya bersama timnya sekarang habis Desember nanti, apa salahnya kalau dia didatangkan Persib lagi. Apalagi dia juga dulu bagus saat main di Persib," ujarnya.

Mengenai usia pemain timnas Thailand ini yang sudah tidak muda lagi, Yana menyebut itu bukan masalah. Menurutnya, usia 29 tahun adalah umur matang bagi pesepakbola. Dia berharap, dengan kematangan yang dimiliki Suchao, dapat memberikan trofi liga yang sejak 18 tahun lalu didambakan bobotoh kembali ke tatar Sunda.

"Usianya 29 nggak masalah. Walaupun agak berumur, tapi pengalamannya itu yang harus kita dapatkan. Dia juga bisa mengajarkan kepada pemain muda. Lagipula, 29 tahun itu karir emas pemain bola. Ya mudah-mudahan, dia bisa memberikan juara untuk Persib kalau dia kembali lagi musim depan," tandasnya.

Sementara itu, Pengamat sepak bola Hilman Purakusumah menilai anggaran Rp 20 miliar untuk Persib sangat besar. Tetapi, bila dana itu terealisasi, dirinya berharap untuk memprioritaskan pelatih terlebih dulu. "Yang jelas dana Rp 20 miliar itu besar dan saya harap dengan dana itu, manajemen mendahulukan pembelian pelatih terlebih dahulu," kata Hilman pada wartawan, kemarin.

Lalu ditambahkannya, dengan disokong dana yang begitu besar Persib harusnya bisa mudah mendapatkan pemain berkelas. Jika sudah begitu, tentu Maung Bandung bisa juara musim depan. "Nah, sekarang, dengan dana kuat dan pemain yang bagus-bagus, Persib harus juara. Jangan sampai dana dukungan kuat namun prestasi masih belum bagus. Klub lain belum tentu dapat dana sebesar itu, bahkan masih ada klub yang bermasalah dengan pembayaran gaji pemainnya," pungkasnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger