' Alfamart Latih 160 UMKM - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Alfamart Latih 160 UMKM

Alfamart Latih 160 UMKM

Written By dodi on Tuesday, July 10, 2012 | 10:34 AM

ALFAMART melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) bernama Alfamart Sahabat Indonesia (ASI), kini melaksanakan pembinaan kepada 160 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pedagang ritail se kabupaten Bogor. Bentuknya berupa pelatihan yang digelar sehari oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), di aula Tegar Beriman kabupaten Bogor, Senin (9/7).  

Pada kesempatan itu, dikenal semua program yang diberikan Alfamart dalam CSR nya, ada enam poin. Di antaranya yakni Alfamart Care untuk sosial, Alfamart Smart untuk pendidikan, Alfamamt Sport untuk olah raga, Alfamart Clean and Green untuk lingkungan, Alfamart Vaganza untuk dunia seni dan budaya.

"Target yang diharapkan setelah mendapat pelatihan ini, para pelaku UMKM dan pedagang kecil bisa memperbaiki roda usahanya," kata Solihin, selaku Corporate Affair Director Alfamart.

Katanya menegaskan, dengan memperbaiki pola usahanya, pedagang kecil bisa berkembang lebih baik. Terlebih mendorong mereka dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. "Tujuan pelatihan ini adalah untuk memberikan pencerahan sekaligus wawasan kepada pelaku UMKM sehingga mereka bisa mengelola bisnis ritail secara mandiri," katanya.

Acara ini, dibuka Bupati Bogor, Rahmat Yasin. Kegiatannya, bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM, Perdagangan dan Perindustiran kabupaten Bogor. Tujuannya untuk membangkitkan UMKM serta mengelola bisnis ritail sederhana. Materi yang diberikan adalah mengenai penataan display barang, manajemen keuangan, mengelola persediaan barang dan uang, bahkan juga di sampaikan bagaimana memberikan pelayanan pada konsumen.

Menurutnya terkait hal ini, pengusaha kecil agar lebih konsisten dalam membina usahanya dan menyambut baik adanya pelatihan pada pengusaha kecil. Lalu memberi penegasan kepada pelaku UMKM agar jangan pernah takut adanya tiori bahwa pasar tradisional terhimpit oleh  pasar modern. "Kalau pengelolaan manajemennya baik, mengapa tidak," jelas Bupati.

Tapi kepada pasar modern diharapkan Bupati agar tidak terlalu masuk ke pelosok desa. Sebab akan menimbulkan kesan efek kanibalisasi pasar modern. Seharusnya pengusaha besar melindungi pengusaha kecil.
 "Saya sudah mencanangkan membangun masyarakat Bogor bertaqwa, berdaya guna meningkatkan kesejahteraan. Meski selama ini hal hal pelatihan dan pembinaan seperti ini dianggap sebelah mata. Bahkan ada penilaian negativ kalau pasar modern merupakan momok yang menyeramkan bagi pengusaha kecil," jelasnya.

Padahal menurutnya, apabila sering terjadinya komunikasi yang sinergi, sesungguhnya pengusaha pasar modern adalah mitra bagi para pengusaha kecil. Seperti yang disosialisasikan saat ini adalah program Sales Store Point (SSP) Alfamart.

SSP adalah bentuk kepedulian perusahaan Alfamart pada pedagang kecil di sakitar toko. Dengan kata lain, Alfamart siap melayani pedagang di sekitar toko dengan memberikan harga murah. "SSP, memberikan keuntungan besar bagi pedagang kecil di sekitar Alfamart. Ini sebagai bentuk kepedulian Alfamart kepada mereka," kata Senior Corporate Communication Manager Alfamart, Choirullah. SAL
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger