' Alat Musik Tradisional Berpotensi Bisnis - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Alat Musik Tradisional Berpotensi Bisnis

Alat Musik Tradisional Berpotensi Bisnis

Written By dodi on Friday, July 13, 2012 | 8:00 AM

KERAJINAN  yang satu ini mengangkat martabat budaya bangsa. Bahkan di samping kental dengan muatan seni tradisional, Gong juga punya nilai bisnis tersendiri.  

Hal itulah yang menjadi keunggulan di Kampung Pancasan, Bogor, Jawa Barat. Warga masyarakatnya eksis menjadi pembuat kerajinan gong selama dua abad terakhir. Gong produksi Kota Hujan ini telah menyebar ke seluruh Indonesia dan mancanegara.

Kondisinya, membuat Kampung Pancasan memikat para wisatawan asing. Satu di antaranya ibu negara Republik Ceko Livia Klausova. Dia berkunjung ke sana untuk melihat proses pembuatan gong dalam kunjungan kenegaraannya, baru-baru ini.

Menurut pemilik kerajinan gong Sukarna, gong yang diproduksi sejak dua abad silam, secara turun temurun oleh keluarganya. Kini sudah memasuki generasi keenam. Sukarna menambahkan, gong terbuat dari campuran tembaga dan timah. Biasanya dikerjakan oleh 12 karyawan selama beberapa hari tergantung ukuran.

Satu set gong produksi Bogor dijual dengan harga sekitar Rp 30 juta hingga Rp 50 juta. Sukarna berharap bisa memperluas usahanya dengan suntikan dana dari investor asing.ALI


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger