' Ada 22 Calon Varietas Hortikultura - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Ada 22 Calon Varietas Hortikultura

Ada 22 Calon Varietas Hortikultura

Written By dodi on Thursday, July 5, 2012 | 8:00 AM

SUBANG (LJ) - Buah buahan menjadi salah satu dari 22 calon varietas hortikultura yang akan diperkenalkan pihak Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Sedang jenis lainnya, ada sayuran. Begitu juga florikultura, seperti, kentang, semangka, pepaya, dan anggrek. Calon varietas ini akan segera dirilis ke pasaran untuk meningkatkan sektor hortikultura Indonesia dan bisa meminimalisasi ketergantungan produk hortikultura impor.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian, Haryono, mengatakan, hortikultura memiliki peran yang penting, terutama dalam pertumbuhan ekonomi nasional dan pola pangan sehat. Pasalnya, produk hortikultura kaya akan mineral dan vitamin.

"Hortikultura juga sebagai penopang ketersediaan bahan pangan," kata Haryono, saat menghadiri Pekan Inovasi Teknologi Hortikultura Nasional, di Kebun Percobaan Kampung Wera, Desa Dangdeur, Kecamatan Subang, Jawa Barat, Rabu (4/7).

Secara nasional, produksi hortikultura nasional mencapai 26,4 juta ton per tahun. Akan tetapi, produksi tersebut belum mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Sehingga, tetap saja pemerintah membuka keran impor untuk produk hortikultura ini. Supaya, kebutuhan dalam negeri terpenuhi.

Saat ini, prosentase impor hortikultura secara nasional baru enam persen dari hasil produksi lokal. Meskipun relatif kecil, kata dia, namun perlu diwaspadai. Sebab, permintaan impor kecenderungannya akan terus meningkat. Seiring dengan tidak tersedianya produk hortikultura lokal yang berkualitas.

Untuk itu, Balitbang Kementan berupaya meningkatkan sektor ini. Tentunya, dengan melalui serangkaian penelitian dan penggunaan teknologi yang tepat guna. Sehingga, akan menghasilkan varietas hortikultura yang sesuai dengan keinginan pasar.

Tapi tetap saja, calon varietas ini, belum dirilis ke pasaran. Sebab, sedang menunggu prosedur lainnya. Dimungkinkan bisa dirilis antara empat sampai lima bulan ke depan.ALM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger