' 80 Persen Sungai di Bekasi Tercemar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » 80 Persen Sungai di Bekasi Tercemar

80 Persen Sungai di Bekasi Tercemar

Written By dodi on Friday, July 6, 2012 | 4:03 PM

BEKASI (LJ)-Ribuan warga Kecamatan Cikarang Utara, Karang Bahagia dan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi yang tinggal disepanjang saluran irigasi Sungai Lemah Abang terancam penyakit berbahaya. Pasalnya, air sungai yang biasa mereka gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi dan mencuci kini tercemar limbah industri.

Sejumlah informasi yag berhasil dihimpun dari warga sekitar, pencemaran limbah industry di Sungai Lemah Abang sudah terjadi sejak 1 tahun lalu. Saat ini kondisi air Sungai Lemah Abang terlihat hitam pekat dan mengeluarkan bau tidak sedap. Bau itu akan meningkat tajam jika malam hari. Selain hitam, kondisi air Sungai Lemah Abang juga berwarna kemerah-merahan dan berlumpur.

“Memang benar, kondisi sungai di Kabupaten Bekasi sudah tercemar hingga 80 persen. Kebanyakan pencemaran terjadi diakibatkan oleh limbah industry,” ujar Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Kabupaten Bekasi, Damin Sada Assegaf.

Sementara, tokoh masyarakat Cikarang yang juga pemerhati lingkungan, H Ma’ruf mengatakan, pencemaran lingkungan yang terjadi di Kabupaten Bekasi sepenuhnya adalah tanggung jawab pemerintah daerah. “Pencemaran itu tanggungjawab Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi. Apa kerja mereka jika pencemaran lingkungan masih terus terjadi,” paparnya.

Melihat persentasi pencemaran sungai yang dinilai makin meningkat dari tahun ke tahun, H Ma’ruf meminta Kementerian Lingkungan Hidup untuk turun tangan mengatasi pencemaran yang terjadi. “Jika pemerintah daerah tidak sanggup mengatasi pencemaran di Kabupaten Bekasi, kementerian lingkungan hidup harus menangani kasus ini secepatnya. Sehingga masyarakat yang tinggal dan memanfaatkan air sungai tidak terancam penyakit berbahaya,” pungkasnya. RBH

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger