' 34 Juta Penduduk Jawa Barat Akan Memilih di Pilgub 2013 - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » 34 Juta Penduduk Jawa Barat Akan Memilih di Pilgub 2013

34 Juta Penduduk Jawa Barat Akan Memilih di Pilgub 2013

Written By dodi on Wednesday, July 25, 2012 | 8:00 AM

BANDUNG - Jumlah pemilik hak suara di Jawa Barat saat pemilihan gubernur (pilgub) 2013 mendatang diprediksi mencapai 34 juta orang. Pemilik hak suara itu nantinya akan masuk di daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Diinformasikan, mereka yang punya hak pilih adalah yang berusia minimal 17 tahun pada saat hari H pencoblosan. Mereka juga akan diberi kartu pemilih.

"Perkiraan DP4 itu sekitar 34 juta pemilih, perkiraannya segitu," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan usai rakor Pilgub Jabar 2013 di Aula Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai), Kota Bandung, Selasa (24/7). "Insya Allah, mudah-mudahan tidak ada satu pun orang di Jabar yang tidak terdaftar," kata Heryawan lagi.

Jika mereka yang punya hak pilih terdaftar, itu berarti masyarakat diberi ruang kebebasan untuk memilih pemimpinnya. "Bahwa kemudian setelah terdaftar hak pilihnya digunakan atau tidak, itu hak mereka masing-masing. Yang penting penyelenggara pemilukada itu harus mmenjamin semua penduduk yang berhak mendapatkan haknya untuk memilih," jelas Heryawan.

Untuk menjamin hal itu, ia berharap DP4 benar-benar didata dengan baik. DP4 itu jadi acuan bagi KPU Jabar untuk proses penetapan daftar pemilih sementara (DPS) dan daftar pemilih tetap (DPT). "Oleh karena itu proses penyususnan DP4 di tingkat kabupaten dan kota harus akurat," ucap Heryawan.

Gubernur Heryawan menambahkan, DP4 juga jadi acuan untuk pileg atau pilpres pada 2014 mendatang. Jumlahnya juga diprediksi meningkat. "Dari pilgub ke pilpres dan pileg nanti ada rentang setahun, itu akan bertambah sangat banyak," tutur Heryawan seraya mencontohkan, dalam setahun itu diperkirakan akan ada 900 ribu bayi yang lahir di Jabar. "Kira-kira penambahannya segitu lah," tandas politisi PKS itu.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat mengungkapkan tahapan Pilgub Jabar dipastikan berlangsung mulai Selasa ini. Itu ditandai dengan perekrutan PPK dan PPS oleh KPU di masing-masing kabupaten atau kota di Jabar. "Jadi tahapan pilgub sudah berjalan mulai hari ini," ujarnya.

Dijelaskannya, ada berbagai tahapan yang ditempuh dari awal hingga akhir proses pilgub. Tahapan itu ialah persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Perekrutan PPK dan PPS merupakan salah satu langkah awal untuk menuju pilgub. Diharapkan secepatnya, PPK dan PPS segera terbentuk.

Yayat berharap, para anggota PPK dan PPS terpilih di setiap daerah adalah orang terpilih. Mereka diharapkan netral alias tidak memihak salah satu pasangan calon saat pilgub nanti. "Saya yakin anggota PPK dan PPS bisa sesuai harapan," tandas Yayat. Sementara usai perekrutan PPK dan PPS, ada berbagai tahapan lain seperti pendaftaran pasangan calon, pencoblosan hingga pelantikan pasangan calon terpilih. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger