' Warga Penerima Raskin di Kabupaten Purwakarta Menyusut 1.325 Orang - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Warga Penerima Raskin di Kabupaten Purwakarta Menyusut 1.325 Orang

Warga Penerima Raskin di Kabupaten Purwakarta Menyusut 1.325 Orang

Written By Ginanjar Pradipta on Sunday, June 3, 2012 | 5:29 AM


PURWAKARTA (LJ) - Jum-lah warga penerima beras mis-kin (raskin) di Kabupaten Pur-wakarta dipastikan berkurang pada tahun ini. Pasalnya, ber-dasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) terbaru, jumlah keluarga miskin di Pur-wakarta menurun. Sebelumn-ya, data penerima raskin ter-catat sebanyak 59.175 rumah tangga sasaran (RTS). Saat ini, jumlah tersebut menjadi 57.850 RTS. Dengan demiki-an, ada pengurangan sekitar 1.325 RTS.
Kabag Perekonomian Set-da Purwakarta Abad Hasyim mengungkapkan, untuk jum-lah penerima raskin menggu-nakan acuan survei BPS. Un-tuk Purwakarta, mengalami penurunan jumlah keluarga miskin. Dengan begitu, alokasi penerima raskin mengalami pengurangan. “Alokasi pen-erima raskin mengalami pen-gurangan. Pengurangan pener-ima raskin ini, terhitung untuk alokasi Mei,” kata Abad ke-pada wartawan, Selasa (15/5).
Dikatakannya, terhitung bulan ini data penerima raskin diganti dengan yang baru. Hal itu, sudah dikoordinasi-kan dengan Bulog. Namun, sampai saat ini pemkab masih melakukan break down distri-busi raskin. Pada tahapan ini, akan dilakukan pendataan dan sosialisasi kembali. Saat selesai baru raskin itu siap didistribusi-kan lagi. Meskipun ada penurunan penerima manfaat, tapi kuota raskin tidak berubah. Dengan kata lain, setiap kepala kelu-arga di Kabupaten Purwakarta masih tetap mendapatkan jatah sebanyak 15 kg raskin. “Den-gan harga tebus Rp1.600/kilo-gram,” imbuhnya.
Secara terpisah, Kepala Bulog Sub Divre Subang Apip Djadjadisatra menyebutkan, dengan berkurangnya peneri-ma manfaat ini, kuota raskin untuk Purwakarta mengalami pengurangan juga. “Kuota raskin untuk Purwakarta, men-jadi 867.750 kg/bulan,” ujar Apip. Akan tetapi, lanjut dia, kondisi terbalik justru terjadi di 
Subang. Daerah lumbung padi ini, mengalami kenaikan pen-erima raskin. Tadinya hanya 139.896 kepala keluarga (KK) menjadi 149.900 KK. “Kalau Subang ada kenaikan lebih dari 10.000 KK,” tambahnya.
Terkait dengan distribusi raskin bulan ini, Apip men-gaku, tinggal menunggu kesia-pan pemkab saja. Dengan kata lain, jika pemkab telah siap menggunakan data terbaru hasil survei BPS, maka raskin akan segera diberikan. Seba-liknya, bila belum ada sinyal hijau dari pemkab, distribusi ini mengalami break down ter-lebih dulu.  Q ALM
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger