' Uang Bansos Pemkot 10 Miliar Digunakan Untuk THR - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Uang Bansos Pemkot 10 Miliar Digunakan Untuk THR

Uang Bansos Pemkot 10 Miliar Digunakan Untuk THR

Written By dodi on Friday, June 29, 2012 | 1:10 PM

BANDUNG - Sidang lanjutan perkara korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah Kota Bandung mulai memanas. Dana Rp10 miliar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) disebut-sebut dalam sidang yang diduga merugikan negara Rp66 miliar itu. Jumlah uang itu disebutkan oleh Rochman. Dia merupakan satu dari lima terdakwa yang duduk di kursi pesakitan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung, Kamis (28/6).

Dalam sidang tersebut, Rochman yang saat itu menjadi saksi mahkota untuk empat terdakwa lainnya, dicecar oleh tim Jaksa Penuntut Umum (JPU). Terlebih Rochman sempat tidak bisa berkata apapun saat ditanya seputar aliran dana bansos. Rochman pun menyebutkan telah mencairkan dana THR senilai Rp10 miliar. Akan tetapi, penerima dana tersebut tidak disebutkan dalam sidang. Jumlah uang THR tersebut diperuntukan pada 2009 dan 2010. Rochman mengaku mencairkan uang tersebut dari dana Bansos.

Dia pun diperintahkan oleh Uus Ruslan, salah satu terdakwa lainya yang saat itu menjabat Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Setda Pemkot Bandung. "Awalnya Uus memanggil saya untuk menyelesaikan beberapa kebutuhan termasuk dana THR. Uang THR diambil dalam dana bansos karena tidak ada anggaran saat itu. Jadi diperintahkan oleh pak UUs untuk mencairkan dana itu dari dana Bansos," kata Rochman di persidangan yang digelar di ruang sidang utama PN Bandung, Kamis (28/6/2012).

Kemudian, salah seorang JPU Usa menanyakan data uang THR penerima dapat dari mana? Rochman menjawab semua data penerima itu sudah disiapin oleh Uus. "Semua sudah dipersiapkan oleh pak Uus. Saya hanya tinggal membuat SPP (Surat Perintah Pembayaran)," kata dia.

Rochman mengaku pada tahun 2009 alokasi dana bansos sebesar Rp77 miliar dari alokasi tersebut tidak habis. Sedangkan pada tahun 2010 dari alokasi Rp80 milyar sudah terserap Rp79 milyar. Dia tidak menampik jika ada nama-nama seperti Lutfan, Firman, Wina, Yusuf dan lainnya. "Tapi total semua SPP mayoritas dari masyarakat," jelas dia.

Rochman mengaku diperintah oleh ajudan Wali Kota Bandung, Wakil Wali Kota Bandung serta Sekretaris Daerah untuk membuat SPP dana bansos. Perintah tersebut, lanjut Rochman dia dapat dari Uus. "Saya dipanggil oleh Uus untuk membuat SPP. Saya tidak tahu siapa yang mencantumkan nama-nama SPP itu. Yang jelas itu sudah ada ketika saya buat SPP," kata Rochman. Kemudian, Jaksa pun mempertanyakan atasan Rochman. Jaksa menilai seorang ajudan bisa memerintahkan sesuatu pada Rochman? Rochman pun kembali terdiam dan menjawab tidak tahu. HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger