' Tiga Bersaudara 'Soepandji' yang Sukses di Pemerintahan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tiga Bersaudara 'Soepandji' yang Sukses di Pemerintahan

Tiga Bersaudara 'Soepandji' yang Sukses di Pemerintahan

Written By dodi on Thursday, June 14, 2012 | 4:59 PM

BOGOR -  Presiden Susilo Bambang Yudhyono (SBY) di Istana Bogor, Rabu (13/6), secara resmi mengumumkan Hendarman Supandji sebagai Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) menggantikan Joyo Winoto yang tersandung kasus dugaan korupsi proyek Hambalang. Ada yang menarik dibalik pengangkatan Hendarman ini, ternyata dua saudara kandungnya, Hendardji Supandji dan Budi Susilo Supandji juga sukses berkarier di pemerintahan. Bagaimana sepak terjang mereka?

Hendarman sebelum dipercaya menjabat kepala BPN adalah mantan jaksa agung. Kariernya moncer setelah menjadi ketua tim penuntasan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi tahun 2007. Jabatannya sebagai jaksa agung berakhir pada tahun 2010 setelah digugat oleh Yusril Ihza Mahenda ke Mahkamah Konstitusi. Tapi kemarin siang, SBY kembali memberinya jabatan baru sebagai Kepala BPN. "Saya pandang tepat untuk mengangkat Hendarman agar dalam penyelesaian masalah utamanya yang mengait masalah hukum bisa dilaksanakan dengan baik," kata Presiden SBY.

Adik dari tokoh pemburuan koruptor ini, Hendardji Supandji adalah mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) Tentara Nasional Indonesia (TNI) berpangkat terakhir Mayor Jendral. Selain aktif di kepengurusan PB Forki dan KONI Pusat, Hendardji saat ini sedang mencoba berjuang di dunia politik dengan maju sebagai calon independen di pemilihan gubernur DKI 2012 bersama Biem Benyamin.

Sementara itu, Budi Susilo Supandji sekarang menempati posisi Gubernur Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas), sebuah lembaga negara yang tergolong strategis. Sebelumnya, Budi menjabat sebagai Direktur Jendral Potensi Pertahanan pada Kementerian Pertahanan. Menariknya, belakangan ini, sejumlah lembaga dan elemen masyarakat, mulai menyuarakan wacana menjadikan Budi Soepandji sebagai calon presiden - calon wakil presiden alternatif.

Supandji bersaudara adalah anak dari pasangan dokter Supandji-Roesmiati. Mereka dikaruniai enam anak, yakni Hendarto Supandji (sulung) yang merupakan pensiunan dosen Fakultas Kedokteran Undip, Hendarman Supandji, Hendarti Pramono Supandji yang hingga kini masih menjadi pekerja sosial di Yayasan Putera Kementerian Pekerjaan Umum, Hendardji Supandji, Budi Susilo Supandji dan Bambang Tri Sasongko (bungsu), seorang pengusaha yang tergolong sukses.

Mereka berasal dari keluarga sederhana. Saat diwawancarai di Istana ketika pelantikan sebagai gubernur Lemhannas, Budi Susilo Supandji menuturkan kedekatannya dengan sang kakak, Hendardji. "Usia kami hanya terpaut sekitar dua tahun. Saya akrab dengan Hendardji. Dia menjadi kawan main saya yang paling akrab saat kecil dulu. Kalau dengan mas Hendarman kan (usianya) agak jauh. Jadi ada perasaan sungkan,” kata Budi yang lahir pada 27 Oktober 1954.

Bagaimana sepak terjang ketiga saudara sedarah itu selanjutnya di pemerintahan SBY saat ini dan di masa mendatang pasca Pemilu 2014? Kita tunggu saja, siapa yang tahu kelak salah satu diantara mereka ada yang menjadi pemimpin nasional. COK
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger