' Tahu Gejrot Cirebon di Bogor - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Tahu Gejrot Cirebon di Bogor

Tahu Gejrot Cirebon di Bogor

Written By dodi on Friday, June 1, 2012 | 3:00 PM

TAHU Gejrot adalah jajanan khas Cirebon yang digemari oleh masyarakat di berbagai daerah. Bahan utamanya tahu kempros (kosong tanpa isi) yang hanya diproduksi di daerah Ciledug, Kabupaten Cirebon. Dari rasa dan bentuknya memang berbeda dengan jenis tahu yang dibuat di daerah lain.

Warna tahunya cokelat muda dan disajikan di atas cobek mini yang terbuat dari tanah liat, irisan tahu ditaburi irisan bawang, cabe rawit, dan disiram dengan kuah yang terbuat dari campuran air dan gula merah yang dimasak.

Rasanya manis dan pedas, membuat tahu gejrot tetap diminati oleh banyak kalangan. Tahu gejrot tak hanya dijual di Cirebon, banyak masyarakat Cirebon yang meninggalkan daerahnya untuk berjualan tahu gejrot di berbagai daerah, termasuk di Bogor.

Seorang penjual tahu gejrot di Bogor, Saepudin mengatakan ia dan puluhan rekan se daerah di Cirebon, sudah belasan tahun berjualan tahu gejrot di Bogor. Para penjual ini mendapat pasokan tahu dari bandar yang mengirimkan tahu langsung dari Cirebon.

“Area berjualan pun telah diatur berdasarkan kesepakatan sesama penjual tahu gejrot, ada yang berjualan keliling dengan sepeda ke pemukiman warga, ada yang di lokasi wisata dan foodcourt di pusat perbelanjaan di Kota Bogor,” tutur saepudin kepada wartawan, baru-baru ini.

Saepudin sendiri berjualan tahu gejrot keliling di wilayah Ciheuleut, Bogor. Satu porsinya seharga Rp 4 ribu. Menurutnya, rata-rata para penjual tahu gejrot bervariasi dalam memberikan harga satu prosinya.

Alasannya harga satu porsi tahu gejrot disesuaikan dengan biaya tambahan yang dikeluarkan penjual. Sebab harga satu porsi tahu gejrot yang dijual di foodcourt atau tempat wisata harus membayar uang sewa tempat. Pantas harganya lebih tinggi.

“Rata-rata harga satu porsi tahu gejrot yang dijual di tempat seperti itu, mulai dari Rp 6 ribu hingga Rp 10 ribu,” katanya.

Puluhan rekan Saepudin berjualan tahu gejrot hampir di seluruh wilayah Kota Bogor. Para pecinta kuliner tentu tak usah bingung kalau ingin mencicipi jajanan khas Cirebon ini. Bisa datang langsung ke foodcount terdekat, atau menunggu penjual tahu gejrot keliling yang lewat di depan rumah Anda. ALI

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger