' Star Energy Salurkan CSR 7 Miliar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Star Energy Salurkan CSR 7 Miliar

Star Energy Salurkan CSR 7 Miliar

Written By dodi on Friday, June 22, 2012 | 3:11 PM

KAB.BANDUNG.(LJ)- Dalam upaya mengimplementasikan Undang Undang No 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan. Star Energy (Wayang Windu) Limited menyalurkan dana Coorporate Social Resposibility (CSR) atau tanggung jawab sosial kepada masyarakat. program CSR-nya melakukan pemberdayaan masyarakat miskin,dengan alokasi dana sebesar Rp6 miliar hingga Rp7 Miliar.
    “Nilai CSR yang dianggarkan setiap tahun bervariasi dan tergantung pada program itu sendiri. Bila kami melakukan pengeboran di sumur-sumur panas bumi, tentu saja nilai CSR yang diberikan lebih besar,” kata Presiden Direktur/CEO Star Energi, Rudy Suparman, kepada wartawan, di Pangalengan, Kabupaten Bandung. kemarin
    Menurutnya, pemberian bantuan untuk 100 anak yatim dan 13 mesjid di Pangalengan Bandung total nilai sumbangan sekitar Rp100 juta. Untuk sementara CSR diprioritaskan bagi masyarakat yang berada di lokasi sumur maupun pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang dikelola Star Energy yang berada di Pangalengan.
    “Bila terjadi perbaikan jalan yang rusak karena imbas proyek pengeboran dilakukan. CSR sendiri tak hanya ditujukan kepada sektor infrastruktur seperti perbaikan jalan maupun bantuan pembangunan sarana umum,“ ujarnya.
    CSR juga, lanjut Rudi Suparman, diperuntukkan bagi sektor pendidikan berupa beasiswa. Mulai dari setingkat SD, SMP, SMA hingga ke jenjang perguruan tinggi. Sementara ini untuk sektor pendidikan programnya telah dilaksanakan sejak tahun 2004 lalu.
    “Pemberian beasiswa kepada masyarakat sekitar Lembang bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) agar dapat terserap oleh kebutuhan Star Energy. Selama ini mekanisme yang dilakukan dengan penerima beasiswa yang telah lulus perguruan tinggi,” terangnya
    Menurutnya, pelaksanaan program CSR dilakukan dengan menggandeng pemerintah daerah. Selama ini pertimbangannya, pemerintah daerah telah merancang program yang cocok bagi masyarakat.
    Di sisi yang lain, lanjut Rudi terdapat rencana proyek PLTP Wayang Windu Unit III berkapasitas 60 megawatt. Proyek tersebut ditargetkan selesai tahun 2015. Saat ini guna kepentingan PLTP Wayang Windu Unit III tengah dilakukan pengeboran sumur yang dimaksudkan mencari sumber panas bumi yang sesuai kebutuhan PLTP Wayang Windu Unit III.
    “Sekitar 10 sumur panas bumi yang telah dimanfaatkan bagi PLTP Wayang Windu Unit I yang berkapasitas 110 megawatt dan PLTP Wayang Windu Unit II berkapasitas 117 megawattt. Mekanismenya memastikan pengeboran sumur tetap dilakukan di sekitar areal yang telah ada sebelumnya dengan biaya investasi sekitar USD 150 juta-USD 200 juta,” tandasnya.
    Dikesempatan yang sama, Kepala Bagian Sosial Pemerintah Kabupaten Bandung, Kawaludin B, mengatakan, “CSR dari perusahaan seperti Star Energy ini memiliki manfaat yang besar bagi masyarakat. Untuk pemerintah daerah sendiri, program demikian merupakan dukungan bagi program yang selama ini belum tercover melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD),” katanya.
    Pelaksanaan program CSR di Kabupaten Bandung, lanjut Kawaludin, menunjukan peningkatan baik dari kapasitas maupun kuantitasnya. Oleh karena itu, Pemkab Bandung berharap agar semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Bandung dapat memberikan kepeduliannya kepada masyarakat.
    “Atas dasar itu Pemkab Bandung mengucapkan  terima kasih dan memberikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada Star Energy (Wayang Windu) Limited, maupun perusahaan-perusahaan lainnya yang telah turut membantu dan melaksanakan program CSR di Kabupaten Bandung,” ujarnya.(FEN)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger