' Sponsor TKI Tidak Sesuai Prosedur Dapat Dikenakan Pidana - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Sponsor TKI Tidak Sesuai Prosedur Dapat Dikenakan Pidana

Sponsor TKI Tidak Sesuai Prosedur Dapat Dikenakan Pidana

Written By dodi on Friday, June 29, 2012 | 1:16 PM


KAB.BANDUNG, (LJ)-Sponsor tenaga kerja Indonesia (TKI) yang nekad membernagkatkan tenaga kerja tanpa seusai prpsedur dapat dikenakan hukum pidana kurungan badan, sebab, proses itu sama artinya dengan sebuah tindakan penipuan dan kejahatan penjualan manusia.
    "Sponsor yang memberangkatkan TKI tidak sesuai prosedur dapat dikenakan pidana,misalnya, memalsukan dokumen dan keberangkat melalui sponsor yang tidak jelas statusnya. Padahal untuk memberangkat TKI ke luar negerisudah prosedurnya yang mesti ditaati semua pihak, diantaranya, TKI berusia minimal 18–21 tahun sesuai dengan identitas yang asli," ata Staf Bidang Penampatan Pelatihan dan Keterampilan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung, H. Yosef, kepada LINGKAR JABAR, diruangan kerjasnya, kmarin.
    Sejumlah kalangan menyambut baik, sosialisasi seputar ketenagakerjaan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung,utamanya menyangkut proses perekrutan tenaga kerja Indonesia (TKI) oleh perusahaan penempatan tenaga kerja.
    "Kita ingin memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait proses perekrutan TKI perusahaan ilegal, dengan penjelasan dimaksud agar masyarakat mendapat perlindungan saat bekerja di luar negeri,"katanya.
    Menurutnya, selama ini banyak perusahaan atau sponsor yang tidak berkoordinasi dengan Dinas tenaga kerja. Setelah terjadi permasalahan di tempat kerja, sulit memberikan bantuan hukum akibat TKI ilegal. Berdasarkan prosedur penempatan tenaga kerja oleh sponsor, antara perusahaan dan tenaga kerja diketahui Dinas Tenaga Kerja.Berdasarkan data hingga tahun 2011, tercatat sebanyak 500 warga Kabupaten Bandung yang mengikuti prosedur dan aturan bekerja di luar negeri dengan tujuan Asia Pasifik dan Eropa.
    Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Keterampilan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bandung, Suwarto Dihardjo, mengatakan, perlindungan calon TKI sangat berhubungan erat dengan mekanisme atau prosedur penempatan TKI. Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah bahwa keberhasilan perlindungan TKI sangat ditentukan oleh sistim perlindungan yang dijalankan melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditetapkan dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, baik di negara Indonesia maupun di negara penempatan.
    Suwarto menambahkan, Selain itu, sistim perlindungan bagi calon TKI/TKI juga bersifat koordinatif, yaitu dijalankan dengan melibatkan instansi. Oleh karena itu, proses penyelesaian permasalahan tidak semudah membalik telapak tangan, akan tetapi relatif memakan waktu karena tidak menutup kemungkinan memerlukan konfirmasi pihak-pihak lain seperti perwakilan RI (KBRI/KJRI), agency di luar negeri atau majikan serta instansi teknis di luar negeri. (FEN)


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger