' SMKN 4 Kota Sukabumi Cetak Siswa Berkredibilitas Tinggi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » SMKN 4 Kota Sukabumi Cetak Siswa Berkredibilitas Tinggi

SMKN 4 Kota Sukabumi Cetak Siswa Berkredibilitas Tinggi

Written By dodi on Monday, June 18, 2012 | 5:27 PM

SUKABUMI (LJ) - Walau terbilang baru berkiprah dalam dunia pendidikan siswa jebolan SMKN 4 Kota Sukabumi mampu ikut bersaing kualitas dalam dunia industri, baik di Tanah air maupun luar negeri, hal ini salah satu pembuktian bahwasanya pendidikan sebagai skala prioritas di kota Sukabumi dianggap berhasil.

Walikota Sukabumi, H.M.Muslikh Abdussyukur mengatakan hal itu saat menghadiri acara perpisahan Kelas XII Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) 4 Kota Sukabumi, Sabtu (16/06) lalu. "Merupakaan kebanggaan bagi pemerintah Kota Sukabumi, dilihat dari Sejumlah prestasi diraih Kota Sukabumi di bidang pendidikan, termasuk yang sifatnya subsituti seperti Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Adiwiyata,” ujarnya.

Lulusan SMK tidak kalah bersaing dengan SLTA bukan hanya diterima bekerja di tanah air, tapi juga di sejumlah negara. “Lulusan SMK tidak kalah bersaing dengan daerah lain untuk mengisi lapangan pekerjaan.Keberhasilan ini merupakan buah kerjasama yang telah terbangun dengan  warga sekolah selama ini ,” tuturnya. 

PT Krakatau Stel (PT KS) Cilegon Salah satu industri besar di tanah Air, melakukan kerjasama dengan SMKN 4 Kota Sukabumi dalam bentuk PKL industri, setiap periode 400 – 600 orang diterima, 180 orang diantaranya untuk kuota SMK, presentase 50 orang untuk  SMKN di daerah. “SMKN 4 Kota Sukabumi mendapat kredibilitas dan punya kualiviev dari pihak kami, karena mampu melaksanakan pekerjaan, dan kini kuota SMKN 4 kami tambah setiap periodenya yaitu mencapai 16 – 18 siswa, Diharapkan ilmu yang diraih ilmu yang diperoleh kelak dapat bermanfaat”Ujar Sunarto,perwakilan PT KS.

H.Didi Sumaryadi, M.Pd Selaku Kepala Sekolah SMKN 4 Kota Sukabumi, mengucapkan rasa bangga dan puji syukur, dengan apa yang diraih, kelak SMKN 4 Kota Sukabumi lebih baik lagi dalam mengukir prestasi. "Patut disyukuri, lulusannya kini sudah diterima di perusahaan –perusahaan besar, diangkatan kedua ini dari 240 sisiwanya sebanyak 41 persen sudah diterima kerja, dan 7 orang diantaranya sudah bekerja di negeri Sakura jepang, dan 3 orang sedang dalam proses,” imbuhnya.

Didi juga menghimbau kepada orangtua wali, agar tidak menahan anaknya untuk mengejar prestasi atau impian ketika ditawari bekerja di Luar negeri karena dengan tidak mengijinkan anaknya, sama dengan merenggut impian dan cita – cita anak. "Jangan memberikan kasih sayang yang berlebihan karena rasa takut putranya ketika di luar negeri akan sengsara," ucapnya.

Sebab dari pengalaman tahun lalu banyak orang tua yang enggan melepas anaknya bekerja di luar negeri. Padahal, bekerja di perusahaan besar diluar negeri untuk meretas masa depan mereka menjadi lebih baik. "Sangat disayangkan,kesempatanemas untuk  bekerja di negeri jepang sebanyak 60 orang terbuang begitu saja, dari 60 orang hanya 6 orang saja yang mendaftar, dengan alasan tidak diijinkan orang tua. Ini kan menghambat karir anak," tegasnya.

Tahun ajaran 2012 – 2013 Didi menargetkan, sebanyak 65 persen lulusannya diterima bekerja.  Sejumlah perusahaan berskala nasional telah menjadi mitra untuk merealisasikan target tersebut. Diantaranya, PT. Trakindo, PT.Adidaya Motor, PT. Bukaka dan PT. Dirgantara. "Untuk mencapai 65 persen itu saya kira tidak sulit. Kami telah membangun kerjasama dengan banyak perusahaan. Yang sudah teken MoU saja ada 10 perusahaan. Insya Allah kedepan bertambah.  Ada enam perusahaan berskala nasional yang sedang dijajaki,” ungkap Didi. SAT/SEP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger