' SMAN 1 Anjatan Bikin Film - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » SMAN 1 Anjatan Bikin Film

SMAN 1 Anjatan Bikin Film

Written By dodi on Tuesday, June 19, 2012 | 4:14 PM

KREATIVITAS siswa-siswi di SMAN 1 Anjatan, Indramayu cukup termotivasi. Terlebih ketika guru yang mengajar bidang studi Seni dan Budaya di sekolah itu, Syubhan SPd, mengajarkan atau memperkenalkan berbagai jenis cabang  kesenian serta yang berhubungan dengan kebudayaan.

Hasilnya, para murid tersebut telah berhasil melakukan pembuatan film-film pendek yang sampai saat ini telah memproduksi 11 judul film. Begitulah pembinaan yang dilakukan sang gur, yang nota bene mahasiswa lulusan Fakultas Kejuruan Ilmu Pendidikan (FKIP), jurusan Bahasa Inggris Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu.

Dari tangan Syubhan yang dingin itu diperkenalkan berbagai jenis cabang  kesenian serta yang berhubungan dengan kebudayaan kepada para siswa. Termasuk bagaimana menulis puisi, cerpen, membuat skenario film, membuat jurnal berita, dan laporan kegiatan yang berhubungan dengan mata pelajaran seni dan budaya.

Menanggapinya, Kepala SMAN 1 Anjatan, H Taupik SPd, mengakui kehadiran Syubhan benar-benar anugrah. Sebab guru kesenian yang dia tahu selama ini hanya menguasai satu bidang ilmu yang lebih spesifik pada kesenian yang mereka pahami.

“Padahal yang dituntut dunia pendidikan di sini adalah kreatifitas yang terus menerus berkembang dari seorang pendidik, agar kreatifitas tadi bisa ditularkan pada siswa untuk kemudian dikembangkan sesuai harapan,” jelas Taupik.

Seperti dilakukan Syubhan setiap menjelang ujian nasional terhadap siswa kelas XII, mereka harus menyiapkan masing-masing tugas sesuai pilihan para siswa dari sejumlah materi yang ditawarkan guru bidang seni dan budaya.

Maka tidak heran kalau di sekolah ini banyak dijumpai tumpukan puisi, cerpen, jurnal berita, dan skenario film karya siswa yang sudah dijilid dalam bentuk manuskrip. Sedangkan di tahun ajaran 2011/2012 ini Syubhan baru memperkenalkan kepada para siswa bagaimana tekhnik membuat film pendek, seperti film-film dokumenter.

Hasilnya lumayan, para siswa kelas XII itu berhasil memproduksi 9 judul fil-film pendek yang telah dikemas dalam bentuk CD. Antaranya, “Sajadah Merah” karya Povi Maspupah, Kelas XII IPA 2, “Kisah Putih Abu” karya Intan Septiana Hidayat, Kelas XII IPA 5, “The Tarih Jangkrik” karya Fizar, Kelas XII IPA 4 dan lain-lain.

“Inilah kenang-kenangan yang mereka sumbangkan pada sekolah, sebagai wujud kreatifitas serta awal perkenalan mereka pada dunia pembuatan film. Jelas ini modal bagi mereka untuk bisa mengembangkan diri serta kemampuannya kelak,” tukas Syubhan.ACP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger