' Siap Dulang Banyak Emas - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Siap Dulang Banyak Emas

Siap Dulang Banyak Emas

Written By dodi on Thursday, June 21, 2012 | 12:10 PM

PURWAKARTA - Menjadi harapan semua masyarakat Jawa Barat. Bagaimana tim Dayung Jawa Barat berhasil mendulang sebanyak-banyak medali emas pada PON XVIII/2012 mendatang di Riau. Hal itu tentunya tak terlepas dari latihan dan persiapan yang matang.

Kerja keras ke arah target yang diimpikan, belum lama ini tim dayung Jawa Barat telah beruji tanding melawan Kalsel, Banten dan Timnas yang digelar di Bendungan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta. "Uji tanding telah digelar, terutama di nomor kayak dan perahu naga," kata Manajer Tim Dayung PON XVIII/2012 Jawa Barat Eti Kusmiati di Purwakarta.

Meski dengan kekuatan yang tidak komplit, dimana 20 atletnya berlaga di ajang Asian Beach Games 2012 di Haiyang China, namun tim Jabar masih mampu bersaing dengan tim inti dari daerah lain. "Kekuatan kita tidak komplit, namun tetap bisa bersaing," kata Eti.

Uji tanding dilakukan pada pagi dan sore hari dengan mengambil di lintasan dayung Jatiluhur. Namun hasilnya menunjukkan hasil bagus. Khususnya di nomor perahu naga, uji tanding dilakukan untuk nomor 12 pedayung dan 22 pedayung baik jarak 200 meter, 500 meter dan 1.000 meter.

"Uji tanding akan dilakukan terus, termasuk dengan provinsi lain. Sepekan ke depan seluruh atlet kembali komplit setelah Timnas kembali gabung, kita akan bersiap ke Kejuaraan di Penang Malaysia untuk nomor perahu naga," kata Eti.

Meski banyak menjadi tujuan uji tanding kontingen daerah, namun tim dayung Jabar tidak khawatir kekuatan diintai daerah lain, namun sebaliknya memberikan motivasi dan jam tanding yang lebih banyak.

Sementara itu, Komandan Satgas Pelatda PON XVIII/2012 Jabar, Jumara Prasad Ratim menyatakan Jabar sangat berharap terhadap cabang dayung untuk mendulang emas."Cabang dayung merupakan cabang dengan atlet terbanyak, 56 orang. Kita punya nomor-nomor yang diandalkan meski ada dinamika perubahan nomor dan pembatasan usia atlet maksimal 28 tahun." kata Jumara Prasad.

Untuk mendukung penampilan atlet Jabar, KONI Jabar telah melakukan pengadaan perahu dan dayung baru serta kebutuhan lainnya. "Peralatan semuanya sudah dilengkapi, dengan perangkat baru. Mudah-mudahan bisa meraih hasil maksimal," kata Jumara Prasar menambahkan.

Mimpi mendulang banyak emas itu, tanpaknya tidak omong kosong. Terbukti meski bukan di ajang PON, empat medali emas sudah diperoleh. Dibuktikan dengan kerja keras saat bertanding pada ajang Asian Beach Games (ABG) 2012 di Haiyan China. "Sangat membanggakan atlet-atlet dayung Jabar bisa mempersembahkan empat medali emas di ABG. Diharakan mereka bisa mempertahankan penampilan di PON XVIII mendatang," kata Manajer Tim Dayung Jawa Barat, Eti Kusmiati di Bandung, Rabu (20/6).

Menurut Eti, Jabar menyumbang 20 atlet ke Asian Beach Games, sebagian besar berlaga di nomor perahu naga yang menjadi andalan Indonesia dan juga andalan Jawa Barat.

Ternyata, empat medali emas dipersembahkan di nomor perahu naga dimana tim Jabar mendominasi jumlah atletnya. Namun sukses para pedayung Jabar memperkuat Timnas ABG bukan kejutan, melainkan sudah diprediksi sebelumnya karena rata-rata pedayung perahu naga memiliki performance yang cukup selama latihan.

Meski tidak menjanjikan apapun bagi keberhasilan atlet Jabar di ajang ABG, namun PODSI Jabar menyatakan para atletnya sudah mulai menemukan puncak penampilannya.

"Setelah berlaga di ABG, mereka akan langsung masuk sentralisasi Pelatda Dayung Jabar di Jatiluhur, Juli mendatang rencananya akan mengikuti kejuaraan di Penang Malaysia," kata Eti.

Pelatda Sentralisasi atlet Jabar digelar di Bendungan Jatiluhur Purwakarta yang akan digelar hingga 25 Austus 2012. Selanjutnya tim akan berangkat lebih awal ke Riau untuk melakukan aklimatisasi.

Tim dayung Jawa Barat menargetkan meraih 12 medali emas, atau mempertahankan raihan di PON XVII/2008. Cabang dayung menyumbang atlet terbanyak bagi Kontingen PON Jabar yakni sebanyak 56 atlet dan 12 pelatih.YAS/FEY
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger