' Saatnya Berkreasi dan Berinovasi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Saatnya Berkreasi dan Berinovasi

Saatnya Berkreasi dan Berinovasi

Written By dodi on Tuesday, June 5, 2012 | 5:02 PM

WALIKOTA Bogor, Diani Budiarto mengajak warganya untuk berkreasi dan berinovasi. Sebagai keturunan pendahulu yang hidup di zaman sekarang, warga Bogor sepantasnya memanfaatkan nilai-nilai kehidupan yang telah diwariskan para leluhur pendiri kota ini. Terutama semangat dalam berkreasi dan berinovasi atau motekar.

Sebab menurutnya, para sesepuh telah mengingatkan bahwa untuk dapat melangkah ke depan di dalam kehidupan ini, diperlukan terlebih dahulu belajar dari masa lalu dengan memetik pengalaman. “Kahareup ngala sajeujeuh ka tukang ngala salengkah,” begitu nasihat mereka,“ tutur Diani saat memperingati Hari Jadi Bogor ke 530, belum lama ini.

Ia mengingatkan, semangat berkreasi dan berinovasi adalah semangat yang perlu terus dinyalakan dan dikobarkan untuk menyulut semangat warga Kota Bogor di dalam membangun kotanya sendiri dan di dalam mengatasi tantangan zaman sekarang.

Menurut Diani, Kehidupan dan perkembangan sebuah kota harus didukung oleh adanya berbagai gagasan-gagasan serta karya-karya kreatif dan inovatif yang lahir, tumbuh terus berkembang pada diri warga masyarakatnya.

“Gagasan-gagasan dan karya karya kreatif serta inovatif bisa terwujud di dalam karya mencipta barang-barang kebutuhan primer sampai sekunder, atau merumuskan dan menjual jasa-jasa yang dibutuhkan," katanya dalam Sidang Paripurna DPRD yang dihadiri Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Maka, kata Diani, tidaklah heran apabila pemerintah pun kemudian mewacanakan dan mendorong masyarakat menumbuh-kembangkan industri kreatif secara nasional. Soalnya zaman sekarang industri kreatif mampu diandalkan sebagai pilar kuat pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Menurutnya, bagi kehidupan Kota Bogor dalam konteks zaman sekarang, gagasan serta karya kreatif dan inovatif harus menjadi landasan untuk mewujudkan Bogor sebagai Kota jasa dan perdagangan sesuai visi yang sudah dirumuskan Pemerintah Kota Bogor.

Sudah banyak kota di Indonesia yang tumbuh dan berkembang sebagai kota perdagangan dan jasa. Karenanya semakin kuat modal mereka unutuk menyedot perhatian orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan orang-orang dari berbagai negara.

Diani mencontohkan, Kota Bandung misalnya, merupakan salah satu contoh kota yang berhasil menarik perhatian orang-orang di seluruh Indonesia dan juga orang-orang luar negeri, karena di sana banyak kreativitas warganya yang bisa dinikmati, baik di bidang kuliner maupun busana serta berbagai jasa hiburan.

“Kalau kreativitas warga Kota Bogor semakin hidup dan semakin berkembang di dalam menghasilkan produk-produk atau jasa bernilai ekonomis, maka akan sangat berpengaruh terhadap menguatnya daya tarik Kota Bogor dan sekaligus tumbuhnya perekonomian daerah Kota Bogor,“ ungkapnya.

Menurut Diani, Kota Bogor banyak memiliki kekayaan sumberdaya lingkungan, budaya dan manusia yang dapat dimanfaatkan dalam mencipta karya kreatif dan inovatif. “Kita diuntungkan karena secara geografis, Kota Bogor berada pada posisi strategis sebagai kota pemukiman yang sangat dekat dengan pusat pusaran ekonomi nasional, “ ungkapnya.

Potensi alamiah itulah, kata Diani, perlu dimanfaatkan optimal oleh warga Kota Bogor dengan semangat berkreasi dan berinovasi, supaya kehidupan ekonomi kota ini berdenyut lebih kencang dan mampu memacu lebih cepat langkah-langkah menuju pencapaian derajat kesejahteraan hidup yang lebih tinggi.

“Mari kita lanjutkan langkah kebersamaan untuk menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang membanggakan, kota yang memikat dan kota yang suasananya menginspirasi warganya untuk berkarya secara kreatif dan inovatif," ajaknya.ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger