' Ratusan Jawara Silat Purwakarta Unjuk Kebolehan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Ratusan Jawara Silat Purwakarta Unjuk Kebolehan

Ratusan Jawara Silat Purwakarta Unjuk Kebolehan

Written By dodi on Monday, June 25, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ).- Ratusan jawara dari puluhan perguruan silat yang ada di Kabupaten Purwakarta, saling memperlihatkan kebolehannya di tribun Alung-alun Kiansantang dalam pestas Pasanggiri Pencak Silat Bupati Cup yang juga merupakan rangkaian semarak Hari Jadi Kabupaten ke 44 dan Hari Jadi Purwakarta ke 181 tahun 2012 ini.

“Pasanggiri Pencak Silat Bupati Cup ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan motivasi dan ruang terbuka bagi keberlangsungan para jawara perguruan pencak silat yang ada di tatar Purwakarta,” kata Bupati Purwakarta H Dedi Mulyadi SH pada saat membuka acara Pasanggiri Pencak Silat Bupati Cup, Jumat (22/6) malam kemarin.

Dikatakan Dedi Mulyadi, untuk memberikan motivasi dan ruang terbuka bagi keberlangsungan keberadaan para Paguron (perguruan-red) silat yang ada, Pemkab Purwakarta menggelar Pasanggiri Ibing Penca Silat Bupati Cup dengan harapan bisa menjadi ajang silaturahmi diantara perguruan-perguran silat yang ada di Purwakarta.

Karena komitmen Pemkab Purwakarta sudah jelas, sambung Dedi Mulyadi, yakni kearifan lokal termasuk didalamnya mempertahankan keberadaan seni budaya lokal sebagai salah satu identitas bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, pasinggiri pencak silat yang digelar ini selain sebagai motivasi juga sebagai ajang paguron silat yang ada di Purwakarta.

Sementara Nana Mulyana Ketua Panitia Pasanggiri Pencak Silat Bupati Cup yang juga selaku Kepal Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata Pos dan Telekomunikasi (Dishubbudparpostel) Kabupaten Purwakarta mengatakan, pasanggiri ini untuk mempertahankan keberlangsungan dan keberadaan perguruan pencaksilat yang tersebar di Purwakarta.

Pemkab Purwakarta, kata Nana, juga menyediakan ruang terbuka bagi para jawara silat ini untuk berlatih rutin setiap Jumat pagi di halaman pendopo Purwakarta. Hal ini merupakan salah satu upaya Pemkab Purwakarta dalam mempertahankan dan mengembangkan perguruan-perguruan silat yang ada agar terus berkembang lagi.

Dikatakan, jumlah perguruan silat di Purwakarta dari tahun ke tahunnya menunjukan angka peningkatan. Dalam perhelatan pasanggiri pencak silat ini, papar Nana, diikuti oleh 684 peserta dari 54 perguruan silat. Sementara tahun lalu, hanya diikuti oleh 444 peserta dari 40 perguruan silat. Hal itu menunjukan peningkatan jumlah perguruan silat di Purwakarta.

Pasanggiri Pencak Silat Bupati Cup yang diikuti 684 jawara dari berbagai tingkatan umur se Kabupaten Purwakarta itu, selain memperebutkan trofi Bupati, untuk jawara 1 juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp 7.000.000. Jawara II sebesar Rp 5.000,000 dan jawara III uang pembinaannya sebesar Rp 3.000.000. YAS
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger