' Puntung Rokok Diduga Penyebab Kebakaran Ladang Tebu Cimahpar - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Puntung Rokok Diduga Penyebab Kebakaran Ladang Tebu Cimahpar

Puntung Rokok Diduga Penyebab Kebakaran Ladang Tebu Cimahpar

Written By dodi on Tuesday, June 26, 2012 | 1:45 PM


BOGOR (LJ) - Suasana tenang menjadi tegang ketika warga Cimahpar RW 08 Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, berubah menjadi panik. Pasalnya, Ladang tebu seluas sekitar 1 hektar tiba-tiba terbakar. Lokasi ladang tebu, yang berdekatan dengan rumah penduduk warga dan perumahan Haji itu, membuat warga berhamburan keluar rumah. Bahkan, ada pula warga yang harus mengeluarkan barang berharganya, karena takut api akan merembet ke pemukiman.
Bedasarkan informasi yang didapat LINGKAR JABAR, di sekitar tempat kejadian, api mulai membesar sejak pukul 14.30 WIB. Saat itu api baru terlihat satu titik di sebelah timur ladang tebu yang sudah kering. Semula warga tak menghiraukan asal mula api tersebut.
Tapi tak lama, api bukannya padam, justru makin membesar. Kebakaran yang semula hanya satu titik, tapi kemudian bertambah besar dan merembet mendekati perumahan penduduk yang letaknya berdekatan dengan ladang tebu,miliki Haji Oom. “Api berasal dari arah timur," kata Ahmad, saksi mata yang rumahnya, dekat lokasi kejadian, kepada LINGKAR JABAR, kemarin.
“Saya sampai waswas kalau apinya sampai di warung, milik pak Eman,”tutur Fitri, ibu rumah tangga yang lokasinya berdekatan dengan lokasi ladang tebu.
Pembakaran sampah dilokasi lahan tebu memang sudah biasa dilakukan oleh warga, namun musibah tersebut, membuat takut warga apalagi keberadaan lahan tebu yang hampir kering. "Kami berharap, pemerintah setempat dapat mencari solusi tentang keberadaan pohon tebu. Kami, masih khawatir dengan keberadaan pohon tebu yang mulai kering dan rawan terbakar,jangan-jangan musibah semacam ini terulang kembali," katanya.
Untuk memadamkan kobaran api, warga berbondong-bondong memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya. Termasuk menyiram batang-batang tebu agar tidak terbakar oleh kilatan api. “Ada kemungkinan, api diduga berasal dari puntung rokok,” kata saksi mata yang rumahnya berdekatan dengan ladang tebu. ALI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger