' Produksi Ikan Sukabumi Miningkat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Produksi Ikan Sukabumi Miningkat

Produksi Ikan Sukabumi Miningkat

Written By dodi on Friday, June 22, 2012 | 3:16 PM

KETUA Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sukabumi, Tendi Sudama menerangkan, saat ini hasil tangkapan ikan sangat minim. Soalnya musim paceklik yang berkepanjangan. Bahkan dari enam tempat pelelangan ikan yang ada, produksi ikan tiap harinya hanya mencapai 15 ton. Meski dalam kondisi normal bisa mencapai 60 ton/hari

Terkait hal ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menargetkan ekspor ikan laut segar tahun ini sebanyak 3.500 ton untuk tiga negara yakni Korea Selatan, Jepang, dan China.

"Permintaan ekspor untuk ikan laut segar dari Kabupaten Sukabumi cukup tinggi, kami menargetkan untuk tahun ini sebanyak 3.500 ton," kata Kepala DKP Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina, Kamis (21/6).

Menurut Dedah, jenis ikan yang diekspor seperti Tuna, Cakalang dan Layur. Namun, karena produksi ikan yang menurun setiap tahun menyebabkan pasokan ikan untuk ekspor menjadi terkendala.

Namun, pihaknya tetap yakin permintaan ekspor untuk tahun ini bisa terpenuhi dengan peningkatan kualitas alat tangkap ikan dan dijadikannya Palabuhanratu khususnya menjadi daerah minapolitan.

"Kami yakin target ekspor tahun ini terpenuhi, tetapi karena saat ini tengah musim paceklik ikan sampai Juni ini baru 30 persen saja ekspor yang terpenuhi dari target yang ditentukan," tambahnya.

Walaupun demikian, dikatakannya potensi perikanan laut di Kabupaten Sukabumi yang cukup besar, pihaknya tengah mengincar investor dari Eropa untuk bekerjasama untuk ekspor ikan ke negara-negara di Eropa.

"Sudah banyak negara dari Eropa yang meminta ikan dari kami, tetapi karena kondisi bahan baku ikan segar yang kurang sehingga ekpor ikan saat ini masih belum terpenuhi. Dan baru tiga negara saja yang bisa menyerap ikan laut dari Sukabumi," pungkasnya menegaskan.HEP

 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger