' PPTK Pengawas dan Konsultan Tutup Mata - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » PPTK Pengawas dan Konsultan Tutup Mata

PPTK Pengawas dan Konsultan Tutup Mata

Written By dodi on Monday, June 25, 2012 | 8:00 AM

KAB. BEKASI (LJ) - Pembangunan Jalan Lingkungan (Jaling) di Kampung Sempu Rt 01/ 03 Desa Pasirgombong Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi sarat penyimpangan, Pekerjaan tersebut dilaksanakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air tahun 2012.
    Pekerjaan tersebut dilaksanakan oleh CV Sanyo Destri dengan pagu anggaran Rp184,329,000, panjang  330m Lebar 2,50m diduga menyalahi aturan Rancangan Anggaran Belanja (RAB), pasalnya untuk Mutu Beton menggunakan K-300 SLUMP 10, yang seharusnya untuk pekerjaan Jaling Penunjukan Melalui Lelang (PML) yang lebarnya di atas 2 meter harus menggunakan K-350.
     Selain itu untuk Doket (Surat jalan) Harus dengan Printout namun kenyataanya menggunakan tulisan tangan, sedangkan untuk Volume ketebalan/ ketinggian disinyalir dikurangi dari ketinggian RAB yang ditentukan yaitu 15cm.
    Sedangkan untuk Instansi Dinas Bina Marga terutama PPTK, Pengawas tidak ada dilokasi, menurut kesepakatan pembuat komitmen setiap pelaksanan Inprastruktur jalan atau pembangunan harus diawasi oleh pengawas dari Dinas yang ditunjuk mengawasi dari awal sampai akhir pekerjaan. Ironisnya Pengawas mengabaikan semua itu, adapun Jasa Konsultan sendiri tidak dilokasi.
    Saat dikonfirmasi Sopyan Hasim selaku Pengawas melalui telepon genggam  mengatakan, “saya lagi dijalan menuju arah ke Cabang Bungin, dan yang ada dilokasi  Rahman”. Diwaktu yang sama Rahman selaku Konsultan dikontak melalui Handpone terkait pekerjaan tersebut mengatakan, “saya ada dilokasi saat awal pelaksanaan pertengahan pekerjaan saya pulang”, jelasnya, serayamengatakan mengenai Mutu Beton yang memakai K 300 dan SLUMP 10, akan kami tindak lanjuti , serta akan dipotong menurut aturan yang ada,"tuturnya. (WAR/KUS)   
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger