' Potensi Kerajinan Cirebonan - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Potensi Kerajinan Cirebonan

Potensi Kerajinan Cirebonan

Written By dodi on Tuesday, June 26, 2012 | 1:32 PM


KABUPATEN Cirebon kaya akan produk daerah yang bernilai bisnis di samping nilai budaya. Seperti yang cukup terkenal Batik Pesisiran, Batik Keratonan dan Batik Trusmi. Warna kain secara garis besar cerah dan ceria, merah, pink, biru langit, hijau pupus. Warna batik tradisional terpusat pada tiga warna yaitu krem, hitam, dan cokelat. Batik Keratonan biasanya berwarna coklat soga atau keemasan.

Batik Pesisir dipengaruhi oleh budaya Cina. Motifnya lebih bebas, melambangkan kehidupan masyarakat pesisir yang egaliter. Motifnya banyak ditandai dengan gambar flora dan fauna seperti binatang laut dan darat, ikan, pepohonan, daun daunan. Batik Pesisiran : Batik bethetan Kedung Wuni Pekalongan, Motif Sarung Cirebonan, Bethetan Demak.

Batik keraton dipengaruhi oleh Hindu dan Islam. Motifnya cenderung berupa batu-batuan (wadas), kereta singa barong, naga seba, taman arum dan anyam alas. Sedang batik Keratonan ada Motif Ganggang.

Dua motif Cirebon yang terkenal adalah Corak Singa Wadas dan Mega Mendung. Motif Singa Wadas adalah corak resmi kesultanan Cirebon (Kasepuhan) yang memperlihatkan bentuk Singa Barong dari keraton Kasepuhan. Motif ini kental dengan warna coklat, hitam dan krem.

Motif Mega Mendung yang tidak ditemui di daerah lain, yaitu motif berbentuk awan yang bergumpal-gumpal yang biasanya membentuk bingkai pada gambar utama. Motif ini mendapat pengaruh dari keraton-keraton di Cirebon. Motif ini kaya akan warna merah, biru, violet, dan keemasan.

Motif batik Cirebon lainnya, motif kerang murek, gunung jati, taman terate, ayam alas, patran kangkung, wayang katura, kapal kandas, antares, cerita panji, kompeni, gapura gewor, kembang alas, lung kembang kasunanan, naga seba, rajeg wesi, peksi naga liman, simbar menjangan, taman arum sunyaragi, taman sari kasepuhan, wayang masina.

Alat yang digunakan dalam pembuatan Batik yaitu: Canting, Wajan, Kompor, Gawangan, Jengkok, Irus Krocok, dan Tongkat (untuk mengaduk). Dan bahan baki yang digunakan diantaranya Kain Mori, Malam (lilin) dan Pewarna.

Lalu kerajinan Lukisan Kaca juga tidak kalah terkenalnya. Lazimnya suatu lukisan di tunangkan dalam media kertas. Akan tetapi di tangan seniman-seniman Cirebon, hal tersebut bukanlah suatu batas untuk menuangkan ekspresi seninya. Dengan teknik yang tinggi dan kayak an gradasi warna serta sarat nuansa dekoratif, para seniman Cirebon mampu menghasilkan suatu karya seni yang bernilai tinggi berupa lukisan kaca yang indah dan bercita rasa Cirebon.

Bagi anda pecinta seni kaligrafi islam, khususnya lukisan kaca kaligrafi bernilai tinggi, tidak salah kiranya anda memilih Kota Cirebon sebagai kota tujuan. Kota Cirebon sebagai kotatujuan. Di Kota banyak terdapat seniman seniman lukisan kaca kaligl afi khas Cirebon yangkan memperindah tampilan ruangan dan menambah koleksi lukisan kaligrafi anda.

Di Lukisan Kaca sudah memproduksi bermacam-macam lukisan kaca dengan bahan dasar Kaca Bening/Polos, Kertas untuk Sket Gambar, Cat Warna, Pigura, Minyak Cat dan Prada/brons, dan alat lukisnya menggunakan Rapido, Kaos, Dakon, Tempat cat, dan Airbrush dan kerajinan yang dibuat beraneka jenis diantaranya model Semar, Batar Guru, Dewi Kwam Im, Sunyaragen, Kereta Singabarong, Mega Mendung, Kaligrafi Arab, Benteng Windu, Macan Ali dan lain sebagainya.

Begitupula Ukiran Kayu. Berbahan baku dari kayu jati, kayu mahoni, jenis kayu dengan tekstur keras. Dan alat yang digunakan untuk Ukiran Kayu menggunakan Pahat Ukir Kayu Satu Stel, Batu Asahan, Sikat Ijuk, Ganden/palu/martil kayu, kertas gosok (ampelas), Meteran, Jangka Kayu, Krespen dan pensil. Jenis Ukiran Kayu yang dibuat bermacam-macam adapun model yang banyak dicari di pasaran yaitu Kaligrafi Arab. 

Secara garis besar, kekayaan etnik Cirebon bersumber pada budaya Islam, Cina, Arab dan Hindu. Hal ini dapat dilihat dari karakteristik, corak dan ornamewn yang terdapat pada hasil karya masyarakat Kota Cirebon seperti, Lukisan Kaca, Kaca Dekorasi, Ukiran Kayu, Topeng, Batik dan lainnya sepeerti yang telah disebutkan terdahulu.WEB/GYO

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger