' Penyandang Cacat di Bandung Barat Menanti Bantuan Pemerintah - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Penyandang Cacat di Bandung Barat Menanti Bantuan Pemerintah

Penyandang Cacat di Bandung Barat Menanti Bantuan Pemerintah

Written By dodi on Tuesday, June 5, 2012 | 11:51 AM


BANDUNG BARAT (LJ) - Penyan-dang cacat berat di Kabupaten Band-ung Barat saat ini tercatat sekitar 418 orang. Dari sebanyak itu, ternyata baru 129 penyandang cacat saja yang men-dapatkan bantuan pemerintah selama ini. Sisanya, terpaksa menunggu giliran karena anggaran bantuan pemerintah yang dikucurkan dari Anggaran Pen-dapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah (APBD) sangat terbatas.Kepala Bidang Pelayanan Sosial pada Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Band-ung Barat, Atot Kustawa, mengatakan program pemberian bantuan tersebut awalnya berasal dari Kementerian So-sial pada 2011. Dalam program terse-but, kata Atot, dinasnya telah manga-jukan 100 penyandang cacat berat yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Bandung Barat. Namun, hanya 69 di antaranya yang masuk kriteria Kementerian So-sial untuk mendapat bantuan pada 2011.  “Setiap bulan mereka menda-pat Rp 300 ribu dan pengambilannya dilakukan melalui kantor pos tiap tri-wulannya.
Dana tersebut dari APBN. Ditujukan untuk membantu biaya asistensi, yakni perawatan dan kehidu-pan ehari-harinya,” kata Atot saat ditemui di Kantor Pemerintahan Kabu-paten Bandung Barat, Senin (4/5).Tahun 2012, ucapnya, dinasnya  kembali mengajukan 20 penyandang  cacat untuk mendapat bantuan Kemen-terian Sosial. Namun, hanya 10 penyandang  yang lulus verifikasi dan mendapat  bantuan. Sebab, tuturnya, spesifikasi  penyandang cacat berat dari Kemente-rian Sosial lebih ketat daripada spesifi-kasi menurut dinasnya. 10 penyandang cacat berat ini pun masih dalam tahap verifikasi. Tahun 2011 pun, ucapnya, Dinsos-nakertrans Kabupaten Bandung Barat  telah mengajukan 25 penyandang ca-cat berat untuk mendapat bantuan dari  APBD Kabupaten Bandung Barat.
Na-mun, setiap bulannya, masing-masing penyandang masih mendapat Rp 100 ribu per bulan. Tahun 2012, dinasnya kembali mengajukan 5 penyandang cacat berat untuk mendapat bantuan  dari APBD. Besarnya bantuan yang di-terima total 30 penyandang cacat berat ini pun akan mendapat Rp 300 ribu dari APBD Kabupaten Bandung Barat.Dengan demikian, tuturnya, hanya 99 dari 418 penyandang disabilitas be-rat di Kabupaten Bandung Barat yang mendapat bantuan dari APBD dan APBN sebesar Rp 300 ribu per bulan. Atau sekitar 20 persennya saja. Pen-yandang disabilitas berat ini, ucapnya,  berusia dari 0 hingga 60 tahun. Q GUS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger