' Pengelolaan Lingkungan Hidup Perlu Dilakukan Secara Bijaksana - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pengelolaan Lingkungan Hidup Perlu Dilakukan Secara Bijaksana

Pengelolaan Lingkungan Hidup Perlu Dilakukan Secara Bijaksana

Written By dodi on Wednesday, June 27, 2012 | 1:58 PM

KAB.BANDUNG (LJ)-Pengelolaan lingkungan hidup perlu dilakukan secara bijaksana ada keterpaduan sistem yang saling terkait, karena pengertian lingkungan hidup mengandung makna yang luas dan sangat berhubungan dengan soal ekosistem, pelestarian fungsi lingkungan hidup, daya dukung, daya tampung, dan pelestarian daya tampung lingkungan hidup.
    "Dari beberapa item di atas, jelas sekali pengaruh lingkungan hidup terhadap kelangsungan masa depan  bangsa dan negara sangatlah berkaitan satu sama lainnya. Bila kemudian lingkungan hidup rusak yang diakibatkan beberapa faktor perilaku manusia, maka akan terjadi sebuah bencana secara berkesinambungan," ungkap aktifis lingkungan Jawa Barat Rahman kepada LINGKAR JABAR, kemarin.
    Rachman menambahkan, pengelolaan lingkungan hidup merupakan upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kebijaksanaan, penataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemulihan, pengawasan, dan pengendalian lingkungan hidup.
    “Untuk itu, perlu adanya upaya dari pemerintah agar senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup. Terutama yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup dan ekosistemnya. Kerusakan lingkungan hidup yang selama ini terjadi, mayoritas akibat ulah dan prilaku manusia itu sendiri. Hal ini, semestinya segera disikapi oleh pemerintah, sehingga prilaku menyimpang itu tidak sampai terulang kembali,” tegas Rachman.
    Sementara itu, Yon, salah seorang pecinta lingkungan hidup Jabar, mengungkapkan,bahwa peranan pemerintah saat ini di dalam mensikapi lingkungan hidup sangatlah kurang. "Jangankan yang bersifat tanaman hijau, mengenai limbah-limbah yang mencemari sungai, tidak pernah disikapi dan dilakukan penindakan tegas bagi para pelakunya,"tutur Yon.
    Akibatnya kata Yon, para pelaku pencemar lingkungan termasuk para industriawan menjadi semena-mena membuang limbah pabriknya. Mereka ini, nyaris tak pernah disentuh ataupun diusik oknum pejabat pemerintah. "Tindakan pemerintah baru terjadi, kalau masyarakat sudah mulai bergerak," jelasnya.
    Padahal kata dia, untuk menjaga kelestarian lungkungan hidup, bukan hanya menjadi tanggungjawab masyarakat belaka, tapi pengawasan dan penindakan secara hukum ada ditangan pemerintah. "Kalau tugas dan fungsi pemrintah tidak mereka jalani secara optimal dans ebagaimana mestinya, sudah pasti masalah lingkungan akan terus berkepanjangan.
    "Pemerintah, jangan hanya berpikir mengeruk pajak dari kaum industriawan tapi coba tolong ikut mengawasi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah cair dan limbah padat yang dibuang para pengusaha pabrikan. Hal ini, perlu dipikirkan secara cermat dan terpadu," imbuhnya.(GUS)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger