' Penderita Kanker di Kota Bandung Cenderung Meningkat - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Penderita Kanker di Kota Bandung Cenderung Meningkat

Penderita Kanker di Kota Bandung Cenderung Meningkat

Written By dodi on Tuesday, June 19, 2012 | 3:53 PM

BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung-Jabar, menyatakan trend penyakit kanker pada saat ini cenderung mengalami peningkatan. Hal itu terlihat pada data tahun 2011 lalu, serta gaya hidup masyarakat saat ini dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan siap saji atau fast food seperti waralaba ayam goreng atau burger yang mengandung kolestrol tinggi.

Menurut Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit pada Dinkes Kota Bandung Fetty Sugiharti, pada tahun 2011, kasus kanker yang dirawat jalan yakni kanker paru-paru rawat jalan sebanyak 166, kanker payudara sebanyak 576 dan kanker serviks sebanyak 182. Untuk rawat inap, kanker paru-paru sebanyak 266, kanker payudara 482, serta kanker serviks sebanyak 224.

Sementara pada tahun sebelumnya (2010), untuk rawat jalan yakni kanker paru-paru sebanyak 51, kanker payudara 172, dan kanker serviks 57. Sedangkan untuk rawat inap, kanker paru-paru sebanyak 287, kanker payudara sebanyak 670 serta kanker serviks sebanyak 308.

"Kami terus melakukan sosialisasi ke seluruh Puskesmas se-Bandung bersama yayasan kanker Indonesia, agar penyakit ini tidak terus menjangkit kaum hawa di Kota Bandung. Terlebih sampai hari ini belum diketahui secara pasti penyebab penyakit itu," ujar Fetty dalam keterangan persnya, belum lama ini.

Untuk antisipasi hal tersebut, Dinkes Kota Bandung diakuinya telah menganggarkan dana sekitar Rp 7-8 juta. "Tahun depan akan dianggarkan lagi," tambahnya. Fetty pun menyarankan kaum hawa di Kota Bandung untuk melakukan deteksi diri dengan cara termudah dan bisa dilakukan dirumah.

"Untuk kanker paru sebaiknya jangan merokok, kalau sudah ada gejala seperti batuk terus menerus segera lakukan pencegahan. Untuk kanker payudara lakukan pijatan pada payudara setiap pagi jika ada benjolan segera periksakan terlebih kalau sudah keluar cairan seperti nanah segera berobat dan untuk kanker serviks jangan berganti pasangan karena disitu awalnya, serta selalu lakukan pemeriksaan papsmear, intinya lakukan penyadaran diri sejak dini," imbuhnya. FER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger