' Pendataan untuk Perlindungan Budaya - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pendataan untuk Perlindungan Budaya

Pendataan untuk Perlindungan Budaya

Written By dodi on Wednesday, June 27, 2012 | 2:07 PM

BANDUNG - Sebuah harapan jika budaya Indonesia terdata dengan baik. Soalnya akan dapat mengantisipasi adanya pengakuan budaya Tanah Air oleh negara asing.

Terkait hal ini, pemerintah akan membentuk kumpulan data terstruktur dan komprehensif atau "database" yang menjamin perlindungan kebudayaan asli Indonesia seperti sumber daya genetik, pengetahuan tradisional, ekspresi budaya tradisional dan cerita rakyat.

Pembentukan tersebut dibahas oleh beberapa pakar dari 10 kementerian terkait, organisasi internasional di antaranya World Intellectual Property Organization (WIPO), dan South Centre, serta kedutaan besar negara sahabat yang digelar dalam simposium internasional, Selasa (26/6).

"Simposium itu sangat penting bagi Indonesia karena melindungi asal usul budaya genentik Tanah Air. Untuk itu perlu adanya perlindungan budaya berbagai daerah yang sangat berharga bagi bangsa dan juga membawa nilai ekonomi yg tinggi," kata Direktur Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional Kementerian Luar Negeri, Linggawaty Hakim.

Ia mengatakan bahwa selama ini di setiap kementerian terkait telah memiliki "database" namun hal itu belum terpadu dan komprehensif.

Nantinya pencatatan yang komprehensif budaya dari seluruh wilayah Indonesia itu bisa didaftarkan ke Badan PBB bidang Pendidikan, Pengetahuan, dan Budaya (UNESCO). "Budaya asli Indonesia bisa didaftarkan ke UNESCO, kalau belum memiliki `database` nanti bisa diakui negara lain," katanya.

Sementara di tingkat internasional, Indonesia telah memegang peranan penting dalam partisipasi aktif terkait perlindungan budaya guna membentuk perjanjian internasional perlindungan dan pemanfaatan budaya asli itu.AN/HER
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger