' Pemkot Cirebon Kekurangan PNS, Pelayanan Tak Optimal - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » , » Pemkot Cirebon Kekurangan PNS, Pelayanan Tak Optimal

Pemkot Cirebon Kekurangan PNS, Pelayanan Tak Optimal

Written By dodi on Friday, June 1, 2012 | 2:00 PM

CIREBON (LJ) - Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BK Diklat) Kota Cirebon Ferdinan Wiyoto mengungkapkan, pemberlakuan moratorium penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Cirebon selama tiga tahun terakhir membuat Pemkot kekurangan pegawai negeri sipil (PNS). Setidaknya sekitar 1.200 PNS dibutuhkan di seluruh instansi.

"Akibat kondisi tersebut pelayanan terhadap masyarakat jadi tidak optimal," kata Ferdinan kepada wartawan, Kamis (31/05). Untuk menutupi kekurangan PNS, khususnya pada bagian administrasi, pihaknya terpaksa memberdayakan seluruh PNS yang ada. "Untuk mempertahankan kinerja maupun pelayanan, kami mengoptimalkan PNS yang ada," tutur dia.

Kekurangan tenaga PNS di Kota Cirebon, kata Ferdinan, disebabkan karena dalam tiga tahun terakhir Kota Cirebon tidak menerima pembukaan calon PNS seperti tahun-tahun sebelumnya yang diselenggarakan rutin setiap tahun. Hal tersebut terutama terkait dengan kebijakan pemerintah pusat yang rencananya berlaku hingga Desember 2012.

Akibat kebijakan pemerintah pusat tersebut, terang dia, terjadi penurunan jumlah PNS dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dia menyebutkan pada 2008-2011, jumlah PNS mencapai 7.027 orang. "Sedangkan pada 2012 ini justru menurun menjadi 6.862 PNS. Penurunan disebabkan antara lain karena sejumlah PNS meninggal dunia atau karena ada yang pensiun," jelas dia.

Kepala Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Baperjakat) Hasanudin Manap yang juga Sekretaris Daerah Kota Cirebon membenarkan adanya kebijakan moratorium penerimaan calon PNS pada 2012 ini. Pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena kebijakan pusat tersebut, meski kekurangan PNS dalam jumlah yang cukup banyak tersebut. "Sejak adanya moratorium, sejak 2010 kami tidak bisa lagi merekrut calon PNS," ujar Manap.

Karenanya, tambah Manap, untuk menjaga pelayanan agar tetap bisa berjalan optimal, pihaknya mengoptimalkan PNS yang ada saat ini, di antaranya melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) serta menempatkan SDMnya di pos yang tepat. APP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger