' Pemekaran Desa Jangan Sampai Timbul Konflik - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Pemekaran Desa Jangan Sampai Timbul Konflik

Pemekaran Desa Jangan Sampai Timbul Konflik

Written By dodi on Monday, June 4, 2012 | 3:00 PM

KAB.BOGOR (LJ)- Bupati Bogor Rachmat Yasin berharap pemekaran desa tidak menimbulkan konflik antar warga, karena biasanya setiap terjadi pemekaran suatu wilayah selalu menimbulkan ekses yang berhubungan dengan permasalahan batas wilayah.
    "Kalau memang diperlukan pemekaran, silahkan dilakukan tapi jangan sampai menimbulkan konflik," tegas RY saat menanggapi usulan pemekaran Desa Petir oleh Kepala Desa Petir, Engkos Kosasih, akhir pekan kemarin.
    Usulan Kepala Desa Petir Engkos Kosasih, karena dia merasa kewalahan melayani masyarakat diwilayahnya, dimana idealnya, ratio kepadatan penduduk dengan wilayah sudah tak memadai akibat terlalu padatnya warga Desa Petir.
    Memang pemekaran Desa dapat dilakukan jika Kepala Desa dan staf nya tidak sanggup melayani masyarakatnya dengan baik akibat terlalu padat, dan juga adanya desakan dari masyarakat untuk memekarkan Desa.
    Namun, biasanya dalam pemekaran ini ada konflik mengenai batas Desa. "Oleh karena itu, saya pikir jika dalam melayani masyarakat masih bisa dilaksanakan, lebih baik tidak dimekarkan, tapi jika memang pemekaran ini keinginan masyarakat silahkan dimusyawarahkan jangan sampai jika dilakukan pemekaran dapat menimbulkan konflik,” katanya .
    Terkait pelebaran jalan di Desa Petir, Politisi PPP ini menghimbau agar warga setempat dapat bekerjasama dengan Pemkab Bogor dalam hal pembebasan lahan. ”Kami telah memikirkan permasalahan pelebaran jalan utama di Desa ini, namun permasalahanya ada pada pembebasan lahan, karena saat akan dibebaskan tanahnya biasanya warga selalu mematok dengan harga tinggi.
    Saya menghimbau warga agar bekerjasama dengan kami dalam hal pembebasan lahan bagi pelebaran jalan ini, karena nantinya jalan tersebut digunakan untuk kepantingan warga,” sebutnya.
    Mantan Kepala DPRD ini, menilai, keuntungan pelebaran jalan juga akan sangat dirasakan oleh masyarakat. Karena jika jalan di desa Petir sudah lebar masyarakat juga yang akan diuntungkan, dari berbagai segi termasuk segi ekonomi.DRI
   


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger