' Pembuatan Sertifikat Tanah "Jangan Lewat Calo" - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » , » Pembuatan Sertifikat Tanah "Jangan Lewat Calo"

Pembuatan Sertifikat Tanah "Jangan Lewat Calo"

Written By dodi on Friday, June 29, 2012 | 1:26 PM

KAB.CIREBON, (LJ) – Pembekakan biaya pembuatan sertifikat yang cukup tinggi, dikarenakan para pemohon lebih menyukai menggunakan pihak ketiga (Biro Jasa) dalam mengurus pembuatannya.Masyarakat, cendrung tidak mau repot dan tahu beres.
    Mereka menyerahkan semua kepengurusan kepada pihak ketiga, mulai proses awal pengurusan persyaratan, kelengkapan surat-surat untuk pembuatan sartifikat. Hal ini, yang jadi persoalannya,dan masyarakat sepertinya tidak mau repot atau tahu beres tetang proses pembuatan sartifikat.
    "Kalau sudah seperti ini,seharusnya masyarakat jangan menyudutkan pihak Badan Pertanahan Kabupaten Cirebon, karena membengkaknya biaya administrasi,” kata Tofik Kasubag TU BPN Kabupaten Cirebon, kemarin.
    Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Cirebon lanjut dia,telah menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin membuat sartefikat, agar langsung datang ke kantor. "Kami siap melayani, menjelaskan dan memberitahukan berapa jumlah biaya Administrasi untuk pembuatan sartifikat kepada pemohon," tuturnya.
    Sebetulnya BPN lanjutnya, tidak akan mempersulit proses pembutan sartifikat, kalau pemohon telah melengkapi berkas persyaratan yang diperlukan termasuk tidak adanya permasalahan terhadap objek tanah yang akan dibuatkan sertifikatnya."Kami memproses berkas tersebut denganc epat, dengan jangka waktu yang di tentukan yakni 4 bulan,”jelas Tofik.
    Dalam penjelasannya, dia merinci berapa dan apa yang mesti dibayarkan para pemohon, Seperti, biaya pengukuran tanah, pemeriksaan tanah, pendaftaran, traspotrasi petugas dan pengawas. Biaya administrasi tersebut mengacu Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2010 tentang administrasi pembuatan sartifikat dan penerimaan bukan pajak. Untuk penjelasan nominal yang harus dibayar oleh pemohon, itu tergantung luas tanah yang dimiliki.
    “Kami berharap besar kepada seluruh masyarakat di kabupaten Cirebon,bila ingin membuat sartifikat langsung saja datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional. Bukan melalui perantara, calo dan biro jasa. Pihak kami tidak akan mempersulit proses pembuatan sartifikat. kemudian ketikah pemohon melalui pihak ketiga, biaya administrasi melambung tinggi jangan menyalahkan  kami,” tandasnya.  * (PIP/C12)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger