' Peluang Bisnis Kambing - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Peluang Bisnis Kambing

Peluang Bisnis Kambing

Written By dodi on Wednesday, June 27, 2012 | 2:01 PM

MENCARI kambing berbagai jenis, mulai dari Etawa, Boer dan Saanen, CV Agro Pangrango Sakti menjadi salah satu pilihan pembeli. Beralamat di Kampung Pembubutan Desa Cipetir, Kabupaten Sukabumi.

Usaha tersebut berawal dari pengembangan pembibitan tanaman pohon jenjeng, sengon dan jabon. Sebab ada dorongan dari pekerja di perkebunan tersebut untuk memanfaatkan lahan kosong, pemilik areal pembibitan tersebut, mulai melirik Bisnis Peternakan untuk Pedaging dan Susu Perah.

Sebagai pemilik pembibitan dan peternakan kambing, Dwi Asmarajaya yang juga PNS di Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi mengatakan, dari lahan itulah lalu dikembangkan menjadi cikal bakal berdirinya peternakan. ”Saya menggelutinya setelah melihat rekan rekan berhasil menjalankan bisnis Peternakan kambing di luar daerah. Dorongan tersebut yang memacu saya untuk mengembangkan peternakan sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat di Sukabumi,”kata Dwi kepada LINGKAR JABAR, di kantornya Jalan Azminta Azmali Trip No 37, kota Sukabumi, belum lama ini.

Modal usaha itu awalnya kurang lebih mencapai RP 350 juta. Saat ini berkembang sebanyak 100 ekor kambing dengan luas kandang 800 meter.  Dikatakan juga, ternak Kambing Pedaging dan Susu Perah ini cukup sulit, tidak seperti kambing biasa. ”Harus lebih teliti, setiap dua minggu sekali kambing harus di cek kesehatan oleh dokter hewan agar kondisi tetap sehat dan berproduksi dengan baik nantinya," katanya.

Dwi juga menjelaskan, untuk jenis Etawa, pihaknya mengembangkan dua jenis, Etawa Senduro dari Jawa timur dan Etawa Kaligesing dari Jawa Tengah. Kambing ini bisa juga disebut kambing keturunan antar Jemnepara India dan Kambing Lokal. Sedang pejantannya biasa menghasilkan pedaging. Sedangkan yang betina untuk kambing susu perah.

“Untuk kambing jenis Boer dari Malang dan Lampung, diproduksi sebagai kambing pedaging. Sedangkan Kambing jenis Saanen yang juga keturunan Afrika Selatan dan Australia khusus digunakan untuk produksi Kambing susu perah. Susu Kambing dapat bermanfaat untuk berbagai macam penyakit, seperti kolesterol, darah tinggi , asma dan lainnya. Bahkan Susu Kambing juga mengandung kolestrum tinggi dan baik bagi kesehatan,” ungkapnya.

Susu dari kambing tersebut juga terbilang sangat mahal. Sebab keampuhannya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. "Apabila sudah dalam bentuk kemasan dan mempunyai Merk Dagang (MD), Susu Kambing perliter harganya bisa mencapai Rp 50 ribu. Namun kalau belum dikemas hanya Rp 30 ribu saja perliternya," imbuhnya.SAT
 
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger