' Pelaku Usaha Kurang Perhatikan Hak-Hak Konsumen - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pelaku Usaha Kurang Perhatikan Hak-Hak Konsumen

Pelaku Usaha Kurang Perhatikan Hak-Hak Konsumen

Written By dodi on Thursday, June 28, 2012 | 8:00 AM

KAB.PURWAKARTA (LJ) - Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta H Mulyana E Gunawan mengatakan, banyak para pengusaha selama ini kurang memperhatikan hak-hak konsumen. Sehingga hal ini sangat disayangkan oleh pemerintah daerah, karena menjadi hambatan serius ditengah perkembangan ekonomi Purwakara.

“Di Purwakarta perekonomian saat ini tengah berkembang. Hal itu bisa dilihat dengan berkembangnya sektor ekonomi formal dan informal,” kata Mulyana E Gunawan disela-sela kegiatan sosialisasi Undang-undang No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang dipusatkan di Bale Sawala Yudistira, Rabu (27/6).

Dikatakan Mulyana E Gunawan, perkembangan ekonomi di Kabupaten Purwakarta dapat dilihat dari berkembangnya pasar modern dan pasar tradisional (ekonomi formal). Kecuali itu, sekarang juga banyaknya pelaku usaha informal seperti pedagang asongan, dan penjaja usaha kuliner selama empat tahun terakhir.

Karenanya, sambung dia, dengan adanya sosialisasi Undang-undang No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, 150 pelaku usaha yang ada di Kabupaten Purwakarta dapat memperhatikan hak-hak konsumen dan tidak ada pelaku usaha yang melanggar perturan terutama kaitannya dengan hasil produksinya.

Sementara Hj Elin Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat mengatakan, ada banyak kendala yang kerap ditemui dalam pelaksanaan Undang-undang No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen termasuk dengan kondisi masyarakat daerah.

Kita ini masyarakat yang baik, sehingga pelanggaran yang terkait dengan perlindungan konsumen seringkali tidak pernah diadukan masyarakat. Contohnya seperti pengembalian uang receh di pusat perbelanjaan modern, yang sering diganti dengan permen. Harusnya, hal itu dilaporkan. Tapi karena dianggap sepele, hal itu pun dibiarkan.

Sedangkan Jaenal Arifin Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perindutrian dan Perdagangan Purwakarta menjelaskan, pengawasan barang dan jasa salah satu hal penting bagi perlindungan konsumen. Itu karena selama ini masih banyak ditemukan berbagai produk yang kerap melanggar aturan. YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger