' Pameran Pembangunan 12 Hari - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Home » » Pameran Pembangunan 12 Hari

Pameran Pembangunan 12 Hari

Written By dodi on Wednesday, June 27, 2012 | 2:02 PM

KAB. PURWAKARTA (LJ) - Selama 12 hari sejak 29 Juni hingga 10 Juli 2012 mendatang, Pemkab Purwakarta menggelar Pameran Pembangunan yang bertajuk Festival Saung Bambu Hitam Putih. Kegiatan ini diikuti sekitar 80 peserta dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan perusahaan swasta, yang akan di pusatkan di Jalan Baru Purwakarta.

“Pameran ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kabupaten ke 44 dan Hari Jadi Purwakarta ke 181 yang dilaksanakan selama 12 hari,” kata Herry Heriawan Ketua Panitia Pameran Pembangunan Festival Saung Bambu Hitam Putih yang juga selaku Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Purwakarta kepada LINGKAR JABAR di ruang kerjanya, Selasa (26/6).

Dikatakan, pelaksanaan pameran pembangunan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana tahun ini setiap peserta pameran memiliki model stand dan ukuran yang sama yakni 3 X 4 meter. Stand pameran terbuat dari bambu. Karenanya panitia mengemas pameran dalam Festival Saung Bambu Hitam Putih.

Dalam pelaksanaannya, menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta pameran. Sebab peserta menurut Herry harus kreatif menata standnya. Katanya, semua memiliki model stand yang sama, yang membedakan cara penataan stand agar bisa menjadi sebuah suguhan menarik dan tidak membosankan bagi pengunjung pameran.

Lanjutnya, setiap peserta pameran dituntut kreatif dalam menata stand-nya masing-masing. Pasalnya, pameran berlangsung selama 12 hari. Dengan rentan waktu yang cukup panjang itu, jangan sampai masyarakat pengunjung merasa bosan apalagi sampai malas mendatangi stand pameran yang kita suguhkan.

Jika stand jarang pengunjung, kata Herri Heriawan, maka informasi yang seharusnya kita sampaikan tidak akan terkomunikasikan. Karenanya setiap peserta harus mampu menata standnya masing-masing semenarik mungkin. Sebab selain sebagai media hiburan, pameran pembangunan juga sebagai media informasi bagi masyarakat.

Menyoal setiap peserta harus membayar Rp 4 juta, Herri Heriawan mengatakan bahwa anggaran yang dipungut dari setiap peserta oleh pantia itu untuk melengkapi fasilitas umum yang dibutuhkan oleh peserta pameran itu sendiri. Seperti kebutuhan listrik, air, keamanan, petugas kebersihan, pengadaan panggung hiburan, dan sound termasuk pembuatan pintu gerbang.

“Jadi wajar saja kalau panitia memungut uang sebesar itu. Sebab setiap OPD sudah mempunyai anggaran masing-masing sebesar Rp 25 juta sesuai dengan DPA untuk kebutuhan dan selama pemeran pembangunan berlangsung,” kata Herri sambil menambahkan, biaya yang dikenakan kepada peserta sebesar itu tidak akan memberatkan karena untuk peserta juga.

Karenanya, setiap peserta dikenakan biaya untuk mendapatkan lokasi stand. Sedangkan material untuk bangunan pameran seperti bambu dan yang lainnya, diserahkan ke masing-masing peserta. Hanya saja, panitia menyediakan model agar setiap memiliki stand dengan model yang sama.

Ditambahkan Herri, dengan digelarnya Pameran Pembangun yang dikemas melalui Festival Saung Bambu Hitam Putih selama 12 hari, mampu memberikan informasi yang cukup kepada masyarakat khususnya terkait perjalanan pembangunan Purwakarta secara nyata di OPD masing-masing termasuk pula peserta dari pihak swasta.YAS 
Keterangan foto :
PERSIAPAN : Puluhan stand tengah dipersiapkan oleh para peserta Pameran Pembangunan yang akan berlangsung pada 29  Juni hingga 10 Juli 2012 mendatang. Pameran tersebut akan berlangsung 12 hari yang dikemas dalam Faestival Saung Bambu Hitam Putih.
YAS
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger