' Orang Sunda Masih Peduli Kebudayaannya - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Orang Sunda Masih Peduli Kebudayaannya

Orang Sunda Masih Peduli Kebudayaannya

Written By dodi on Monday, June 4, 2012 | 2:00 PM

KAB.BOGOR (LJ) - Meski peradaban zaman kian modern, namun upaya untuk melestarikan nilai luhur kebudayaan sunda masih terus dilakukan para budayawan sunda. Bertolak dari hal tersebut, Yayasan Gentra Pajajaran (YGP) Sabtu pekan lalu menggelar kegiatan dialog interaktif yang melibatkan sejumlah unsur, mulai dari sejarawan, akademisi serta masyarakat yang berlangsung di kediaman Wakil Bupati Bogor, Karyawan Faturachman di kawasan Karadenan, Cibinong, kemarin.  
    Menurut Ketua YGP Rahiman mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan agar semua unsur masyarakat konsisten menjaga kebudayaan sunda. “ Mari tanggalkan atribut organisasi dan kepangkatan kita serta duduk bersama-sama dengan silih asih, silih asah, silih asuh dalam menggali dan  mengaplikasikan nilai-nilai luhur budaya kita,” ujarnya usai kegiatan kepada LINGKAR JABAR.
    Bukti lain keseriusan pihaknya dalam melestarikan budaya sunda yakni, dengan didirikannya Bale Sunda. Tujuannya, tak lain sebagai tempat dialog budayawan, sejarawan serta masyarakat untuk bersama-sama menggali dan mengikat nilai luhur Ki Sunda yang masih banyak terkubur dan terurai.
    Sebagai daya tarik budaya atau maskot, lanjut Rahiman, saat kegiatan lalu turut ditampilkan replika Palangka Sriman Sriwacana, berupa Watu Gilang dengan ukuran yang seperti aslinya. Konon, batu ini merupakan tempat dinobatkannya para raja Sunda.
    Yang lebih menarik lagi bagi para budayawan adalah perjalanan sejarah Watu Gilang tersebut, yang konon sudah dipergunakan lebih dari 15 abad.“Kami berharap dengan adanya Bale Pakuan ini kita dapat memberi kontribusi positif bagi pemda khususnya dan masyarakat luas pada umumnya,” pungkasnya.ASP
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger