' Nasib 331 Koperasi di Kota Depok - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Nasib 331 Koperasi di Kota Depok

Nasib 331 Koperasi di Kota Depok

Written By dodi on Tuesday, June 19, 2012 | 4:02 PM

DIBUBARKAN, begitulah nasib 331 koperasi di kota Depok. Tindakan itu dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Depok karena menilai, koperasi itu sudah tidak aktif pada tahun ini.

Pencabutan itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan lembaga. "Saat ini sedang dalam proses pembubaran dengan mencabut badan hukumnya," kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kot Depok, Yusuf.

Selain alamatnya tidak diketahui, kata Yusuf, pembubaran koperasi tersebut disebabkan sudah tidak ada kegiatan usaha dan rapat anggota tahunan (RAT) lagi. Kondisi tersebut tentu mempersulit Dinas Koperasi dan UKM untuk melakukan pembinaan.

Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UKM, lanjut Yusuf, jumlah koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UKM sebanyak 997 unit koperasi. Dari jumlah tersebut, 350 koperasi masuk dalam kategori aktif, 331 koperasi dengan alamat tidak jelas, dan 316 koperasi kategori tidak aktif.

Menurut Yusuf, pihaknya telah verifikasi dan identifikasi sebelum melakukan pembubaran koperasi yang tidak jelas keberadaannya. Verifikasi itu dimulai sejak tahun 2009 sampai dengan 2012.

"Tahun 2009 kita lakukan pencarian alamat koperasi mulai dari tingkat kecamatan hingga pengurus RT dan RW. Dari pencarian tersebut ternyata alamat koperasi itu tidak ditemukan juga, hingga akhirnya pada April 2012 dibuatkan pengumuman melalui media massa, dari situ ternyata cuma delapan koperasi yang melaporkan keberadaannya," ujarnya.AKI
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger