' Mengukir Prestasi ke Tingkat Nasional - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Mengukir Prestasi ke Tingkat Nasional

Mengukir Prestasi ke Tingkat Nasional

Written By dodi on Thursday, June 21, 2012 | 1:19 PM

PRESTASI membanggakan di tingkat Jawa Barat. Hal ini diukir oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kota Bogor. Terbukti dengan keberhasilan dalang cilik Bima Arya Endang Jajat Saputra (9) menyandang juara pertama festival dalang cilik se Jawa Barat yang digelar di Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan Provinsi Jabar di Bandung, belum lama ini.

Dari juara yang diraihnya, Bima Arya berhak mewakili Jawa Barat, dalam festival dalang cilik Nasional yang akan digelar 6 Juli mendatang di Gedung Pewayangan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. “Kita berharap dalang Bima Arya mampu mengukir prestasi dengan membawa nama Jawa Barat menjadi juara dalang cilik  Nasional," kata Ketua Pepadi Kota Bogor Shahlan Rasyidi, di Kantornya, Rabu (20/6).

Shahlan mengaku bangga atas keberhasilan putra Bogor yang akan menjadi wakil Jawa Barat, dalam festival dalang cilik tingkat Nasional. "Keberhasilan Bima Arya meraih juara dalang se Jabar berkat kebersamaan dan dorongan dari para pengurus Pepadi dan para dalang yang ada Kota Bogor, khususnya orang tua Bima sendiri," kata Shahlan.

Ia mengatakan, keberhasilan Bima diharapkan akan bisa memacu para dalang-dalang cilik lainnya yang ada di Kota Bogor. “Kita siap mendororong dan melatih generasi muda yang berminat menjadi dalang,” ujarnya.

Shahlan berharap, ke depan akan lahir regenerasi dalang untuk menggantikan para dalang yang sudah sepuh (tua-red). "Ini merupakan program Pepadi dalam upaya mempertahankan seni budaya sunda, khususnya wayang golek," tukasnya.

Bima Arya adalah putra kedua dari pasangan dalang Endang Jajat Saputra dan Ita Amaliah. Siswa SDN Sempur Bogor, mencintai wayang golek sejak berusia 4 tahun. “Bima punya kelebihan dari anak-anak sebayanya, dia mulai memainkan wayang golek sejak berusia 4 tahun," kata orang Tua Bima Endang Jajat Saputra.

Menurut Jajat, putra keduanya tersebut pernah diundang menjadi bintang tamu dalam sebuah acara  yang ditayangkan di salah satu satasiun televisi swasta.  “Untuk pertama kalinya Bima memainkan wayang golek didepan layar kaca," kata bapak bertempat tinggal di Bantarjati Lebak Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, kota Bogor.

Dalam festival dalang Jawa Barat di Bandung,  Bima Arya tampil memukau para penonton yang menyaksikan pertunjukan, bahkan sejumlah tokoh dalang  Jawa Barat memuji penampilan siswa yang masih duduk dikelas 3 SD ini.

“Penampilan Bima dipuji oleh para tokoh dalang. Selain dia telah mampu memainkan wayang goplek, juga mampu mengatur para wiyaga (pengiring pagelaran), seperti halnya yang dilakukan para dalang yang sudah mahir," tambah Shahlan.

Dalam festival dalam Bima  membawakan lakon berjudul Gatot Kaca Gugur, dengan durasi cerita selama 40 menit.  Penampilan Bima memperagakan wayang golek diiringi Sanggar Seni Argajati pimpinan Endang Jajat Saputra. 

Selain Kota Bogor yang meraih juara  pertama, juara kedua dan ketiga, festival dalang cilik tersebut diraih Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Garut. Tropy juara diserahkan Ketua Pepadi Jawa Barat Tjatja Koswara.ALI   
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger