' Mempertahankan UKM Sebagai Basis Ekonomi - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Mempertahankan UKM Sebagai Basis Ekonomi

Mempertahankan UKM Sebagai Basis Ekonomi

Written By dodi on Thursday, June 21, 2012 | 12:36 PM

TELAH teruji dengan segala kondisi ekonomi. Bahkan saat perekonomian dunia sedang terkena imbas krisis finansial, Indonesia mampu bertahan dengan dukungan usaha kecil menengah (UKM). Hal itu menjadi topik utama yang diangkat pada lokakarya berjudul "ASEAN Small & Medium Enterprises (SMEs) Training Workshop", yang dibuka langsung Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan di Jakarta, Rabu (20/6).

Diadakan oleh US-ASEAN Business Council bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM. Terungkap betapa pentingnya keberadaan UKM memotar roda perekonomian. Karenanya perlu perlu menjadi pengetahuan bagi para pelaku UKM untuk meningkatkan usaha yang mereka geluti masing-masing.  

Pantas saja, pada gelaran kegiatan terkait dunia ekonomi itu, sejumlah UKM hadir untuk menyimak ulasan yang disampaikan para anggota US-ASEAN Business Council mengenai cara-cara mengembangkan usaha dalam rangka menyongsong pasar regional dan global.

Kagiatan ini bertujuan memberikan solusi dan akses bisnis yang belum tersedia bagi UKM di ASEAN. Selain itu dapat menghubungkan dengan para profesional yang memiliki pengalaman dan pengetahuan luas di bidangnya melalui program mentoring dengan para anggota US-ASEAN Business Council.

Dengan turut mengembangkan UKM di ASEAN, lokakarya dan program mentoring tersebut diharapkan akan membantu tercapainya pertumbuhan kelas menengah di ASEAN yang inklusif, meluas, dan berkelanjutan.

"UKM adalah darah kehidupan di ASEAN. Tantangan yang dihadapi UKM dalam mengembangkan usahanya adalah tantangan bagi kita semua. Jika UKM sukses, kita semua ikut sukses," kata Sam Kim, Ketua Komite ASEAN untuk US-ASEAN Business Council.

Kim mengingatkan, program yang diselenggarakan di Indonesia ini adalah program percontohan yang ingin direplikasikan di seluruh ASEAN.

Perusahaan yang hadir untuk berbagi wawasan dalam lokakarya sekaligus menjadi mentor bagi para UKM antara lain Procter dan Gamble dalam hal bagaimana mendayagunakan fungsi pemasaran untuk bisa berkembang di tingkat regional dan global. Lalu ada juga United Parcel Service of America (UPS) dalam optimalisasi akses pasar, Intel dan Yahoo! dalam pengembangan perencanaan usaha, Microsoft dan Seagate dalam hal penggunaan teknologi informasi dan telekomunikasi, serta Citi yang berbagi dalam bidang akses finansial dan layanan finansial.

Citibank Indonesia sendiri memiliki sebuah divisi khusus yang menangani kebutuhan perbankan perusahan dengan skala menengah. Divisi yang dinamakan CitiBusiness tersebut menyediakan solusi-solusi perbankan yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis nasabah dengan memanfaatkan sistem dan teknologi yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dengan skala menengah. Kegiatan diharapkan penyelenggara dapat memastikan bahwa UKM sebagai bentuk usaha yang dapat menjadi basis perekonomian yang paling kuat di tengah segala jenis "badai ekonomi".REL
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger