' Melirik Pesona Wisata Situ Cileunca - Lingkar Jabar On-line
Headlines News :
Loading...
Home » » Melirik Pesona Wisata Situ Cileunca

Melirik Pesona Wisata Situ Cileunca

Written By dodi on Wednesday, June 27, 2012 | 2:08 PM

KAB.BANDUNG - Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bandung, pada tahun 2012, akan menata ulang objek wisata Situ Cileunca di Desa Warnasari dan Desa Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pasalnya, objek wisata tersebut, merupakan salah satu asset unggulan Kabupaten Bandung.
   
“Penataan itu akan memindahkan sebanyak 14 warung ke areal parkir sehingga tertata rapi. Selain itu, sejumlah fasilitas lain seperti toilet akan segera diperbaiki. Para pemilik warung sangat respon atas rencana itu, karena penataan itu buat mereka juga untuk mencari nafkah,” kata Kepala Dispopar Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara, kepada sejumlah wartawan, baru baru ini.
   
Menurutnya, para wisatawan domestik, objek wisata Situ Cileunca ini merupakan salah satu sarana pelepas jenuh, karena dengan Rp 5.000 dan pada hari libur Rp 6.000 per orang, para wisatawan dapat menikmati keindahan Situ cileunca.
   
“Jika ingin mengelilingi Situ Cileunca serta melihat tanaman strawberry dapat menggunakan perahu yang berjejer di pinggiran Situ tersebut. Para pemilik perahu akan mengantarkan wisatawan melihat pemandangan alam yang terdapat di Situ Cileunca, “ terangnya.
   
Lokasi Situ (danau) Cileunca Pangalengan Kabupaten Bandung, berada 45 kilometer sebelah selatan Kota Bandung, 185 KM dari Kota Jakarta, berada di ketinggian 1550 meter dari permukaan laut dan dikelilingi oleh dua perkebunan teh Malabar yang dikelola oleh PTPN VIII.

"Genangan air seluas 180 hektar ini diapit oleh dua Desa yaitu Desa Wanasari dan Desa Pulosari, tak jauh dari Kota Kecamatan Pangalengan. Dahulunya didaerah sini banyak pohon Leunca karena itu kini disebut Situ Cileunca,” kata Djohara.

Dikatakan, Situ Cileunca merupakan salah satu asset wisata yang dinilai dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Selain itu, pengelolaan yang baik, tentu akan memberikan danpak yang positip pula bagi pengunjung.

Situ Cileunca merupakan danau buatan yang masih sangat indah dan memikat, maka tak hayal wisatawan yang mengunjungi danau ini terus membeludak setiap akhir pekan atau hari libur tiba. Wisatawan dapat menikmati tempat wisata ini dengan berbagai cara, seperti sambil berenang, sambil berkeliling danau menggunakan perahu ataupun sambil ber-out bound. Wisatawan akan dimanjakan dengan semua pesona keindahan alam situ cileunca. Selain itu, di Situ cileunca terdapat fasilitas untuk berarum jeram. Para wisatawan dapat menguji adrenalin di sungai palayangan Situ Cileunca, sungai palayangan merupakan aliran air dari Situ Cileunca.FEN

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Profil | Contact Us | Sitemap
Copyright © 2012. Lingkar Jabar On-line - All Rights Reserved
Web Development by Maiga Blog Service
Proudly powered by Blogger